Selasa, 30 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Yuliana Sere : Jum'at, 10 Agustus 2018 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Sangat normal bila kamu merasa lelah, terutama dalam 12 minggu pertama kehamilan. Saat itulah perubahan besar terjadi di hampir setiap sistem di tubuh, membuat kamu merasa sangat lelah.

Sepanjang kehamilan, tubuhmu bekerja keras. Namun upaya terbesar terjadi pada trimester pertama. Saat itulah organ utama bayi terbentuk, sepeti plasenta, sistem pendukung kehidupan bayi mulai tumbuh.

Tingkat hormon dan metabolisme tubuh berubah dengan cepat, sementara kadar gula darah dan tekanan darah cenderung menurun. Rasa lelah pada setiap ibu berbeda-beda, namun kemungkinan besar kamu akan merasa sangat lelah pada trimester pertama dan trimester ketiga.

Pada trimester pertama, kelelahan sering menjadi salah satu gejala penyakit kehamilan, bersama dengan mual, kehilangan nafsu makan dan kadang-kadang muntah.

Kamu biasanya merasa lebih lelah dan mudah tersinggung. Cobalah untuk lebih banyak beristirahat karena kelelahan bisa membuat rasa mual dan muntah menjadi semakin buruk.

Kebanyakan wanita tak merasa lelah pada trimester kedua, tetapi kamu mungkin akan kehilangan tenaga sekitar minggu ke-28. Pada saat ini, mungkin lebih sulit bagimu untuk merasa nyaman di tempat tidur dan mendapatkan tidur yang nyenyak.

Rasa lelah sering datang saat kehamilan. (Parents Magazine)

Hasil pantauan HiMedik dari babycentre menemukan penjelasan saat kelelahan yang perlu menjadi kekhawatiran selama kehamilan.

Kelelahan dan tingkat energi yang rendah kadang-kadang dapat berarti bahwa kamu terlalu rendah zat besi (anemia) yang terjadi cukup umum dalam kehamilan. Namun terkadang, kelelahan dan kesulitan tidur dapat menjadi gejala depresi.

Untuk mengatasi kelelahan, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Pertama, perbanyak istirahat. Istirahatlah kapan pun kamu bisa.

Kedua, sesuaikan dengan jadwalmu. Kamu dapat mengurangi jam kerjamu atau sebisa mungkin meminta bantuan agar kamu bisa beristirahat dengan lebih banyak.

Pastikan juga kamu mengonsumsi roti gandum, pasta, beras merah, buah dan sayuran, produk susu, kacang polong, telur serta ikan.

Jika rasa lelah terus datang, kamu bisa berkonsultasi ke dokter ya.

BACA SELANJUTNYA

Selain Bikin Melek, Kopi Juga Bisa Picu Kantuk dan Kelelahan