Sabtu, 20 April 2024
Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni : Selasa, 17 September 2019 | 20:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Baru-baru ini, Baekhyun EXO menceritakan kebiasaannya yang tidak pernah minum air jelang konser. Dia mengungkapkannya ketika hadir dalam Bad Tempered 5 Brothers di JTBC bersama Park Joon Hyung, Seo Jang Hoon, Kim Jong Kook dan Joo Woo Jae.

Saat itu di tengah acara, mereka ditantang untuk menahan beberapa hal seperti rasa lapar, haus, hingga kantuk. Namun, Baekhyun malah menceritakan hal tak terduga terkait cara dia menjaga tubuhnya dalam setiap penampilan panggung.

Baekhyun mengaku tidak punya kesulitan jika hanya ditantang menahan rasa haus. Hal itu karena dia punya kebiasaan tidak minum air selama 3 hari sebelum tampil di panggung demi menjaga bentuk tubuhnya.

"Saya sebenarnya tak kesulitan jika menahan rasa haus. Ketika saya bersiap-siap untuk konser EXO, saya tidak minum air selama 3 hari untuk menjaga bentuk tubuh saya," kata Baekhyun EXO, dikutip dari Koreaboo.

Padahal kebiasaan tidak minum air seperti Baekhyun EXO ini dapat menyebabkan dehidrasi. Melansir dari Healthline, sebuah studi menyimpulkan bahwa manusia tidak bisa bertahan hidup selama lebih dari 8 hingga 21 hari tanpa makan dan minum.

Minum air putih [pixabay]

Air jauh lebih penting bagi tubuh manusia daripada makanan. Orang yang mogok makan tapi asupan minumnya masih tercukupi mempunyai kemungkinan bisa bertahan hidup selama berbulan-bulan.

Tubuh manusia sangat selaras dengan jumlah air yang dikonsumsi. Tanpa air yang cukup, sistem kekebalan tubuh bakal berubah. Sel-sel tubuh akan menyusut tanpa air dan otak akan memberi sinyal pada tubuh Anda karena kurang buang air kecil.

Jika sudah terjadi, kondisi ini dapat menyebabkan masalah ginjal. Tanpa air yang cukup, ginjal akan menggunakan lebih banyak energi untuk membuang limbah dari darah Anda.

Baekhyun EXO. (YouTube/Baekhyun)

Pada akhirnya, ginjal bakal berhenti berfungsi jika asupan air dalam tubuh Anda sangat kurang. Kondisi ini juga akan menyebabkan sejumlah organ tubuh lainnya berhenti berfungsi sehingga memicu beberapa masalah, antara lain:

  1. Suhu tubuh Anda tidak akan teratur
  2. Elektrolit Anda tidak akan seimbang
  3. Sendi Anda mungkin tak berfungsi dengan baik
  4. Otak Anda dapat membengkak
  5. Tekanan darah Anda bisa meningkat dan menurun

BACA SELANJUTNYA

Minum Air Cukup Bisa Bantu Mencegah Gagal Jantung, Ini Kata Penelitian