Minggu, 05 Mei 2024
Yasinta Rahmawati : Sabtu, 06 Maret 2021 | 08:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Keunggulan Susu Sapi A2

Di sisi lain, susu sapi A2 menawarkan berbagai kebaikan yang membuatnya lebih unggul dibanding A1. Manfaat susu A2 jauh melebihi potensi risiko yang ditimbulkan oleh susu A1 bagi tubuh manusia. Keunggulannya antara lain:

1. Mudah dicerna

Susu sapi A2, memiliki sifat mudah dicerna karena terdiri dari seratus persen beta-kasein A2. Saat tubuh mengonsumsi susu sapi A2 dan mencerna beta-kasein A2, tidak akan terbentuk senyawa BCM-7. Sehingga tidak akan menimbulkan efek pada kesehatan manusia, seperti rasa tidak nyaman pada perut.

2. Mengurangi risiko terkena penyakit serius
 
Seperti disebutkan di atas, BCM-7 merupakan salah satu faktor pemicu risiko penyakit jantung, diabetes tipe 1, berbagai kondisi pernapasan hingga berpengaruh pada kesehatan psikologis, dan mental. Selain itu, beta-kasein A1 merupakan pemicu penting bagi kondisi autoimun seperti diabetes tipe 1 dan penyakit jantung.

Dengan tidak adanya BCM-7 pada susu sapi A2, membuatnya menjadi pilihan yang jauh lebih sehat untuk dikonsumsi secara rutin. Sebab ia mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes tipe 1, gangguan pernapasan serta autoimun.

Webinar "A2 Cow Milk is a Dairy Revolution: The Health Reasons Why It Is Important”

 

3. Meningkatkan imunitas tubuh

Susu sapi A2 juga memiliki kebaikan untuk kekebalan tubuh manusia. Sebab, konsentrat protein yang diproduksi secara alami terbukti meningkatkan glutathione intraseluler yang merupakan pilihan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Contohnya pada Air Susu Ibu (ASI) yang hanya mengandung 100% beta-kasein A2 tanpa ada kandungan beta-kasein A1, sehingga tidak menimbulkan masalah pada bayi dan meningkatkan imunitas tubuh bayi.

Meski hingga kini terjadi perbedaan pendapat tentang efek/manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh masing-masing jenis susu, semakin banyak preferensi tentang manfaat kesehatan susu sapi A2. Bahkan, kini banyak perusahaan susu global yang memproduksinya.

"Ilmu pengetahuan baru selalu menjadi perdebatan, oleh karena itu awalnya susu sapi A2 merupakan sesuatu yang kontroversial. Penemuan ini membuat industri susu menjadi khawatir dan mereka berupaya untuk menyangkal hal ini. Namun, seiring waktu berjalan, industri susu mulai mengakui kebenaran temuan ini dan kini beberapa perusahaan susu global sudah mulai memproduksi produk susu sapi A2," tutup Prof. Keith.

Susu KIN Dairy 100 persen A2. (Kindairy.com)

 

Dengan demikian, susu sapi A2 patut dicoba jika Anda kesulitan mencerna susu biasa. A2 terbukti memiliki beberapa manfaat kesehatan dan lebih mudah dicerna oleh orang-orang dengan intoleransi susu.

Untuk mengenali produk susu sapi A2 di pasaran, bisa dilakukan dengan memperhatikan kemasannya. Biasanya produsen akan mencantumkan keterangan bahwa produk tersebut dibuat dari susu sapi A2. Contohnya seperti produk Kin Dairy Fresh Milk yang mencantumkan keterangan "A2 Cows" di setiap kemasan.

BACA SELANJUTNYA

Minum Susu Sapi Bisa Cegah Virus Corona Covid-19, Benarkah?