Minggu, 31 Mei 2020
Dinar Surya Oktarini | Yuliana Sere : Senin, 08 April 2019 | 12:00 WIB

Himedik.com - Tahukah Anda, makan tiga kiwi setiap hari bisa menurunkan risiko serangan jantung.

Seperti diketahui, kiwi merupakan salah satu buah yang sering dikombinasikan dengan buah stroberi untuk jus atau smoothie.

Buah ini punya banyak nutrisi, seperti vitamin C, K, dan E, folat dan kalium. Ini juga memiliki banyak serat dan antioksidan yang dapat meningkatkan kehidupan seseorang secara signifikan.

Lalu apa yang terjadi pada tubuh jika kita mengonsumsi tiga buah kiwi setiap hari?

Melansir dari hhdresearch, ada lima keuntungan yang bisa didapat tubuh jika kita makan tiga buah kiwi setiap hari.

1. Sistem kekebalan tubuh lebih kuat

Kiwi mengandung banyak antioksidan, terutama vitamin C. Makan hanya satu cangkir kiwi jauh melebihi asupan C harian yang direkomendasikan.

Penelitian telah menunjukkan diet tinggi vitamin C dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan bahkan dapat membantu menangkal serangan seperti flu.

2. Pencernaan yang lebih baik

Kiwi mengandung banyak serat. Diet tinggi serat menurunkan risiko sembelit dan membuat kamu tetap teratur BAB.

Kiwi juga mengandung enzim proteolitik yang disebut actinidin. Enzim ini telah ditemukan untuk membantu memecah protein dalam makanan, memungkinkan pencernaan yang lebih efektif.

Makan tiga buah kiwi setiap hari bisa menurunkan risiko serangan jantung. (unsplash)

Kiwi mengandung zat bioaktif tertentu yang telah ditemukan dapat menurunkan tekanan darah. Penelitian telah menunjukkan makan tiga kiwi per hari dapat menurunkan tekanan darah lebih dari apel sehari. Ini karena kiwi mengandung lutein yang merupakan antioksidan yang kuat.

4. Mengurangi risiko masalah penglihatan

Salah satu penyebab utama kehilangan penglihatan adalah penyakit yang disebut degenerasi makula. Penelitian telah menunjukkan bahwa makan tiga kiwi per hari dapat melindungi seseorang dari itu.

Dalam hal ini, lutein dalam kiwi mendapat bantuan dari senyawa yang disebut zeaxanthin untuk mengurangi risiko degenerasi makula sebesar 36%. Kiwi juga dianggap melindungi terhadap pembentukan katarak.

5. Perlindungan serangan jantung

Kiwi bisa menggantikan posisi aspirin yang diketahui mampu mengurangi risiko serangan jantung atau stroke.

Sebuah studi dari University of Oslo menemukan bahwa makan 2-3 kiwi per hari memiliki efek yang sama pada tubuh seperti aspirin, mengurangi pembekuan dan menurunkan jumlah lemak yang menggantung dalam aliran darah.