Selasa, 30 April 2024
Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Minggu, 30 September 2018 | 15:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Perlu kamu tahu, kuku merupakan bagian terkeras dari tubuh. Kuku terdiri dari jenis protein yang disebut keratin serta mengandung sedikit air. Uniknya keratin ini tidak hanya ada pada kuku, tetapi juga pada kulit dan rambut.

Kuku tumbuh dari matriks kuku, yaitu kantong kecil yang letaknya di bawah kulit. Matriks tersebut akan terus membuat sel baru dan mendorong sel lama yang lebih tua ke atas dan keluar menuju ke dasar kuku.

Tetapi jika diperhatikan, terdapat perbedaan antara pertumbuhan kuku jari tangan dan jari kaki. Kuku jari tangan lebih cepat bertambah panjang, sedangkan kuku kaki tidak.

Kuku kaki. (pixabay)

Mengapa hal ini terjadi?

Menurut para ilmuwan, hal tersebut terjadi karena jari-jari tangan lebih sering digunakan. Pendapat lain mengatakan bahwa dibandingkan dengan kaki, kuku jari tangan letaknya lebih dekat dengan jantung, sehingga sirkulasi darahnya menjadi lebih baik.

Sejalan dengan itu, American Academy of Dermatology menjelaskan bahwa setiap harinya kuku jari tangan tumbuh sekitar 0,1 mm yang artinya dalam satu bulan bertambah panjang sebanyak 3 mm.

Selain itu, faktor hormon, iklim, dan usia juga turut memengaruhi pertumbuhan kuku baik pada tangan maupun kaki.

Meski pertumbuhannya tidak sama, jangan abaikan kesehatan kuku kaki. Rawatlah layaknya kamu merawat kuku tanganmu, karena infeksi jamur pada kuku bisa terjadi jika kamu jarang memerhatikan kebersihan dan kesehatan kuku.

BACA SELANJUTNYA

Bahayakah Konsumsi Daging Sapi yang Terinfeksi PMK? Begini Penjelasan Dokter Hewan