Jum'at, 26 April 2024
Angga Roni Priambodo | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Minggu, 30 September 2018 | 07:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Telah terbukti secara ilmiah, bahwa konsumsi teh bisa membantu menurunkan berat badan. Namun dari sekian banyak jenis teh, hanya beberapa jenis yang khasiatnya lebih ampuh, berikut di antaranya.

1.Teh hitam

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 111 orang menghasilkan data bahwa mereka yang minum sebanyak 3 cangkir teh hitam dalam kurun waktu 3 bulan, mengalami penurunan berat badan dan lingkar pinggang secara signifikan dibandingkan dengan mereka yang minum minuman kontrol (dalam hal ini minuman kontrol juga mengandung kafein).

Meski demikian, masih diperlukan penelitian lanjutan mengenai khasiat teh hitam dalam penurunan berat badan.

2. Teh putih

Daun teh yang diolah dari daun teh yang masih muda dikenal dengan sebutan teh putih. Rasanya sedikit lebih manis sehingga cocok bagi kamu yang tidak suka rasa hambar atau pahit.

Selain dapat membantu mengusir lemak dan menurunkan berat badan, teh putih juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan mulut hingga membunuh sel kanker.

Meski khasiat teh putih dalam menurunkan berat badan ini sudah terbukti secara ilmiah, penelitian serupa masih dibutuhkan sebagai penguatan.

3. Teh hijau

Ilustrasi teh hijau. (pixabay)


Siapa yang tak kenal teh hijau. Sudah sejak sekian lama teh hijau dicari terutama oleh kaum hawa sebagai menu program dietnya.

Bukan tanpa alasan, tapi memang teh hijau adalah jenis teh paling efektif untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena kandungan antioksidan katekin di dalamnya dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga mempercepat pembakaran lemak.

Penelitian mengenai khasiat teh hijau dalam menurunkan berat badan ini dilakukan pada tahun 2008 dan diterbitkan dalam jurnal Physiology of Behavior.

Itulah 3 rekomendasi jenis teh untuk menurunkan berat badan. Supaya mendapatkan hasil yang optimal, imbangi dengan olahraga dan asupan makanan sehat ya!

BACA SELANJUTNYA

Tingkatkan Kemampuan Otak, Coba Konsumsi 4 Minuman Ini