Jum'at, 29 Maret 2024
Stephanus Aranditio | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Minggu, 30 September 2018 | 11:32 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Gigi terasa ngilu ketika menyikat gigi merupakan salah satu tanda gigi sensitif. Tak hanya itu, gigi yang sensitif juga akan ngilu ketika menyantap makanan atau minuman dingin.

Umumnya gigi sensitif disebabkan oleh lapisan pelindung gigi (email) yang terkikis. Terbukanya gusi sehingga lapisan di bawahnya (dentin) terpapar berbagai rangsangan juga menjadi penyebab gangguan ini.

Hal ini karena dentin terdiri dari bagian dalam serta akar gigi yang terhubung dengan ribuan saluran kecil yang menuju saraf gigi. Jadi masuk akal jika paparan panas atau dingin bisa menyebabkan gigi terasa ngilu.

Penyebab lainnya yaitu gerakan menyikat gigi yang terlalu kuat, penyakit gusi dan gigi, penumpukan plak, serta karena faktor usia.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Pada dasarnya pergi ke dokter gigi adalah langkah yang tepat guna mengetahui apa penyebab gigi terasa ngilu. Jika ternyata gigi ngilu disebabkan oleh kerusakan pada gigi atau gusi, maka biasanya hal berikut ini yang akan jadi pilihan pengobatan:

Ilustrasi perawatan gigi ngilu. (pixabay)

1. Bedah gusi
Bedah gusi dimaksudkan untuk mengganti lapisan gusi yang telah hilang dari akar gigi, yaitu dengan mengambil gusi dari bagian lain untuk dipasang di bagian yang hilang.

2. Mengikat atau menebalkan
Permukaan akar gigi yang terpapar akan ditangani melalui lapisan pengikat.

3. Perawatan saluran akar gigi
Perawatan ini bertujuan untuk merawat pulpa gigi. Cara ini dilakukan jika perawatan lain sudah tidak ampuh sementara rasa nyeri yang terasa semakin parah.

Selain itu, pemakaian pasta gigi khusus gigi sensitif juga dapat membantu meredakan rasa ngilu. Hal ini tidak ada salahnya kamu lakukan sembari menunggu waktu luang untuk pergi ke dokter.

BACA SELANJUTNYA

5 Cara Mengatasi Gigi Sensitif yang Perlu Anda Tahu, Tak Cuma Ganti Pasta Gigi