Jum'at, 03 Mei 2024
Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C : Rabu, 12 September 2018 | 12:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Membatasi porsi makan untuk kebutuhan diet bukanlah hal yang mudah. Di saat banyak makanan enak yang menggugah selera, hal ini justru menjadi tantangan bagi kamu yang sedang diet.

Diet bukan hanya sekedar mengurangi dan membatasi porsi makan serta menahan lapar. Jika hal ini yang kamu lakukan, bukan tubuh langsing yang didapatkan, namun penyakit yang akan menghampiri.

Ada beberapa tips untuk mengurangi porsi makan tanpa harus kelaparan buat kamu yang sedang diet nih.

1. Minum air putih sebelum makan

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum sekitar dua gelas (500 ml) sebelum sarapan bisa makan 13% lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak minum sebelum makan.

2. Gunakan piring kecil

Biasanya, ketika makan seseorang cenderung mengisi piringnya hingga 70% atau bahkan sampai penuh. Dengan menggunakan piring yang kecil, secara tidak sadar porsi makan yang diletakkan pada piring juga otomatis berkurang.

3. Konsumsi buah dan sayur sebelum konsumsi karbohidrat

Buah dan sayur dapat dikonsumsi dengan porsi yang banyak tanpa memberikan jumlah kalori yang berlebihan. Buah dan sayur dapat membuat perut kenyang lebih lama, karena merupakan kelompok makanan dengan kandungan serat yang tinggi.

4. Pastikan terdapat protein pada piring

Beberapa penelitian membuktikan bahwa makanan sumber protein dapat meningkatkan rasa kenyang lebih besar dibandingkan sumber karbohidrat dan lemak. Pilihlah protein rendah lemak seperti ikan, telur, atau kulit tanpa ayam.

Dengan cara-cara itu, dijamin diet kamu akan berhasil guys.

BACA SELANJUTNYA

Melly Goeslaw Bahagia Setelah Operasi Bariatrik, Bisakah Berat Badannya Naik Lagi?