Sabtu, 20 April 2024
Galih Priatmojo | Yuliana Sere : Selasa, 11 September 2018 | 21:11 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Kondisi sinusitis bisa saja menyerang saat seseorang tengah mengandung. Keluhan ini pastinya membuat sang ibu terganggu dan merasa tidak nyaman.

Beberapa gejala sinusitis antara lain wajah terasa nyeri, hidung tersumbat, sakit kepala, perubahan warna ingus serta batuk.

Selain itu, wajah pucat, gatal pada mata dan nyeri saat menelan merupakan gejala lain dari sinusitis.

Penyebab sinusitis bisa dari beberapa faktor. Pertama, karena perubahan hormon. Perubahan pada hormon progesteron saat hamil bisa menyebabkan seorang ibu mengalami sinusitis.

Kedua, karena pembengkakan pembuluh darah. Saat hamil, tekanan pada dinding pembuluh darah meningkat sehingga ini bisa mengakibatkan sinusitis.

Ketiga, pembengkakan selaput lendir. Lendir yang tidak dikeluarkan dengan bersih bisa menyebabkan selaput dalam hidung membengkak.

Untuk mengatasi itu, beberapa cara bisa dilakukan agar sinusitis terobati.

Begini Cara Obati Sinusitis Ketika Hamil. (Houston Sinus & Allergy)

1. Hindari mengonsumsi antibiotik

Saat kamu mengalami sinusitis, hindari untuk mengonsumsi berbagai antibiotik. Jika memang perlu, kamu harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter karena ini bisa saja memengaruhi kondisi bayi dalam rahim.

2. Minum air

Minum air adalah pengobatan sederhana yang dinilai sangat ampuh untuk mengobati sinusitis. Perbanyak konsumsi air, jaga tubuh agar selalu terhidrasi. Ingat, minumlah air dalam suhu normal, bukan air dingin.

3. Minum vitamin C

Vitamin C dinilai bisa menyembuhkan sinusitis. Ini bisa menjaga daya tahan tubuh serta meningkatkan kekebalan.

4. Minyak kayu putih

Cara lain untuk menyembuhkan sinusitis adalah dengan meneteskan minyak kayu putih pada semangkuk air panas kemudian hirup uapnya.

Atau kamu juga bisa menghirup langsung minyak kayu putih tanpa menggunakan air panas untuk mengurangi risiko terkena air panas.

Beberapa cara di atas dapat kamu gunakan untuk mengobati sinusitis saat kehamilan.

BACA SELANJUTNYA

Sakit Kepala Selama Masa Kehamilan, Kenali 5 Penyebabnya!