Sabtu, 20 April 2024
Galih Priatmojo | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Selasa, 11 September 2018 | 20:46 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Susu kaya akan kalsium yang mana baik untuk kesehatan tubuh terutama tulang. Tapi ada satu hal kabar yang cukup mengejutkan, bahwa ternyata rutin minum susu bisa membantu menurunkan hipertensi. Benarkah demikian?

Menurut penuturan dr. Ayutika Saraswati Adisasmito, M.Res., memang benar susu bisa dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Namun jenisnya harus diatur oleh panduan makanan yang diperuntukkan bagi penderita hipertensi yaitu DASH.

Dalam DASH atau Dietary Approaches to Stop Hypertension (Panduan Diet untuk Mengendalikan Hipertensi) disebutkan bahwa produk susu yang aman untuk penderita tekanan darah tinggi adalah olahan susu yang rendah lemak.

Nah, dalam panduan DASH makanan untuk penderita hipertensi ditekankan pada konsumsi sayur, buah, dan produk olahan susu rendah lemak. Selain itu, panduan ini juga menganjurkan penderita mengonsumsi unggas, ikan, kacang-kacangan, serta produk olahan gandum.

Ilustrasi susu rendah lemak. (OTC Digest)

Sedangkan asupan garam, makanan dan minuman yang mengandung gula, serta daging merah harus dikurangi. Dalam panduan DASH, kadar garam yang direkomendasikan untuk dikonsumsi penderita hipertensi per harinya yaitu 2/3 hingga 1 sendok teh dari seluruh makanan yang dikonsumsi.

Jadi kesimpulannya, konsumsi susu bisa saja turunkan hipertensi dengan catatan penderita mengikuti panduan DASH yang telah dijelaskan di atas. Penderita harus memilih susu yang rendah lemak, dan mengurangi asupan garam.

Jadi bukan susu asal yang bisa kamu beli di swalayan lho ya!

BACA SELANJUTNYA

Benarkah Makan Daging Sebabkan Tekanan Darah Tinggi? Ini Kata Ahli!