Kamis, 28 Mei 2020
Rauhanda Riyantama : Rabu, 12 September 2018 | 09:02 WIB

Himedik.com - Sembelit disebabkan banyak hal, salah satunya pola makan yang salah. Umumnya sembelit bermula saat asupan yang dikonsumsi di pagi hari tidak tepat.

Oleh sebab itu, pemilihan makanan yang tepat saat sarapan di pagi hari juga sangat penting. Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari agar perut tak mengalami gejala sembelit, seperti perut kembung.

Dirangkum Himedik dari Bold Sky, inilah makanan yang seyogyanya dihindari.

1. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji. (shutterstock)

Karena keburu masuk kantor dan tak sempat masak, maka pilihan terbaik adalah makanan cepat saji seperti burger. Nyatanya makanan cepat saja seperti itu dapat menyebabkan sembelit, lantaran tinggi kandungan lemak dan garam, serta rendah serat.

Ini menyebabkan tubuh tidak bisa memproses makanan secara maksimal hingga sampai dicerna ke usus. Sembelit pun tidak bisa terhindarkan. 

2. Kopi

Bagi pecandu kopi, rasanya kurang jika tidak minum kopi sebelum memulai aktivitas di pagi hari. Namun, kebiasaan ini justru menimbulkan dampak negatif, salah satunya sembelit. 

Kopi mengandung kafein, sehingga berisiko menyebabkan dehidrasi jika dikonsumsi terlalu banyak. Padahal tubuh membutuhkan hidrasi yang cukup agar makanan bisa diproses dengan benar. Sebaiknya hindari minum terlalu banyak kopi di pagi hari dan ganti dengan air mineral yang lebih menyehatkan. 

3. Makanan olahan

Makanan olahan seperti nuget dan sosis tak bagus dikonsumsi secara berlebihan saat sarapan. Rendahnya serat menyebabkan makanan ini dapat menimbulkan sembelit. 

Sebaiknya pilih makanan yang mengandung gandum utuh atau serat, seperti buah-buahan sebagai pilihan terbaik.

4. Pisang mentah

Pisang mentah. (shutterstock)

Pisang menjadi buah favorit saat sarapan. Selain tinggi karbohidrat, pisang dipercaya ampuh membuat perut cepat kenyang. Namun, pisang dapat berbalik menimbulkan penyakit yaitu sembelit, jika dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Hal ini disebabkan kandungan pati dalam pisang mentah sangatlah tinggi. Pastikan mengonsumsi pisang yang warnanya kuning, pertanda sudah matang. Pisang matang tinggi kandungan serat yang menyehatkan usus.

5. Makanan tinggi lemak

Makanan tinggi lemak bisa baik sekaligus buruk untuk kesehatan. Dikatakan baik, karena makanan tinggi lemak mamasok energi untuk tubuh dan bantu melindungi organ vital.

Namun, makanan tinggi lemak seperti telur dan alpukat tidak mengandung cukup serat sehingga berisiko menyebabkan sembelit. Jadi konsumsinya perlu diimbangi dengan asupan buah dan sayuran yang memang tinggi serat.