Jum'at, 19 April 2024
Rauhanda Riyantama : Rabu, 12 September 2018 | 08:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Tak hanya menyebabkan rasa sakit yang teramat, sembelit juga dapat mengganggu aktivitas terutama di pagi hari. Jika sudah terkena semeblit, biasanya si penderita mengeluh sakit di bagian perut karena susah buang air besar (BAB).

Telah diketahui, beberapa penyebab sembelit antara lain pola diet yang salah, dehidari, hingga kurang mengonsumsi serat. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui makanan apa saja yang dapat mengusir sembelit di pagi hari.

Dirangkum Himedik dari berbagai sumber, berikut empat makanan yang dipercaya dapat mengatasi sembelit.

1. Pepaya

Buah pepaya memang terkenal memiliki kandungan serat yang tinggi dan dapat melancarkan BAB seseorang. Dalam 140 gram pepaya mentah mengandung sekitar 2,5 gram serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Enzim papain yang dimiliki oleh buah pepaya juga berkontribusi melancarkan saluran pencernaan.

2. Kiwi

Buah kiwi. (iStock)

Buah kiwi yang memiliki rasa asam memiliki manfaat untuk mengatasi sembelit di pagi hari. Dalam 76 gram buah kiwi yang dikonsumsi terdapat sekitar 2,3 gram serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam sebuah studi orang yang mengonsumsi dua buah kiwi setiap hari mampu mengatasi masalah sembelit, bahkan mengalami pola BAB dengan lebih beratur.

3. Ubi

Ubi bisa menjadi pilihan yang nikmat bagi yang sedang mengalami sembelit. Pada sebuah ubi berukuran sedang seberat 114 gram mengandung sekitar 3,8 gram serat atau 15 persen dari kebutuhan serat harian. Untuk hasil yang maksimal ubi bisa dimasak dengan cara direbus, dipanggang atau ditumbuk.

4. Bayam

Sayuran yang identik dengan serial kartun Popeye ini selain bagus untuk kesehatan tubuh juga dapat mengatasi sembelit yang berkepanjangan. Bayam mengandung sekitar 2,4 gram serat setiap 100 gram yang dikonsumsi. Artinya, mengonsumsi bayam sudah memenuhi 10 persen kebutuhan serat harian.

BACA SELANJUTNYA

Minum Teh saat Perut Kosong Bisa Bahaya, Ini Alasannya