Rabu, 24 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Kamis, 22 November 2018 | 12:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Setiap bulannya, perempuan yang sudah puber dan belum menopause pasti mengalami menstruasi. Masa puber setiap perempuan pun bervariasi. Ada yang di bangku sekolah dasar sudah haid, tapi ada pula masuk SMP baru haid.

Periode menstruasi setiap perempuan juga berbeda berkisar antara 2 hingga 7 hari. Begitu pula dengan siklus menstruasi yang berlangsung selama 21 hingga 35 hari dengan rata-rata 28 hari.

Terlepas dari hal itu, ada kisah menarik mengenai menstruasi. Kisah ini datang dari salah satu sekolah menengah atas di Wenling, Zhejiang, China.

Seorang guru di sekolah tersebut selalu mencatat siklus menstruasi siswinya dan ketika haid, sang guru akan membuatkan air gula merah hangat untuk membantu meredakan nyeri haid sehingga mereka bisa fokus belajar. Menariknya sang guru adalah seorang pria.

Ilustrasi air gula merah hangat. (pixabay/PublicDomainPictures)

Catatan tersebut juga tak hanya dia simpan sendiri, melainkan ditulis dalam selembar kertas dan ditempelkan di papan tulis supaya semua siswa tahu sekaligus mengajarkan siswa laki-laki agar lebih sopan dan bisa memahami kondisi teman perempuan mereka yang sedang haid.

Nyatanya ajaran sang guru berhasil karena beberapa siswa laki-laki turut membantu membuatkan air gula merah hangat.

Menurutnya selain memiliki IQ, seseorang juga harus mempunyai Emotional Intelligence. Ia juga mengatakan pada siswanya bahwa laki-laki harus belajar bagaimana menjaga perempuan.

Meski niat guru ini baik, tapi ada pihak-pihak yang tak sepemikiran dengannya. Banyak orang yang menganggapnya memiliki kelainan seksual, tapi dia hanya mengabaikan cercaan itu.

Wah salut dua jempol deh buat pak guru! Semoga niat baiknya berbuah manis ya pak.

BACA SELANJUTNYA

Sedikit yang Tahu, Pahami Tanda Ketidakseimbangan Hormon dalam Tubuh!