Senin, 25 Mei 2020
Rauhanda Riyantama : Minggu, 14 Oktober 2018 | 13:09 WIB

Himedik.com - Penyanyi Selena Gomez kembali menggegerkan publik lantaran mengalami emotional breakdown untuk kedua kalinya dalam kurun sebulan. Diketahui ia harus menjalani serangkain perawatan di rumah sakit kesehatan mental di Tennessee, AS.

Dalam dunia medis, emotional breakdown atau dikenal sebagai gangguan mental merupakan suatu keadaan yang menyebabkan jiwa seseorang mengalami kekacauan dan kebingungan, sehingga ia merasakan depresi yang berlebihan.

Saat gangguan mental menyerang, orang bersangkutan sedang mengalami kejatuhan mental dan tak tahu apa yang mesti dilakukan. Jika dibiarkan begitu saja, bisa menyebabkan orang tersebut menjadi tak waras atau gila.

Itulah mengapa orang-orang yang sedang mengalami gangguan mental harus mendapatkan dukungan moril dari orang-orang terdekat dan lingkungan sekitarnya.

Ada beberapa sebab timbulnya gangguan mental, antara lain kepribadian yang lemah, konflik sosial kehidupan yang tak bisa diterima, dan batin yang tidak kuat.

Sederhananya, gangguan mental dapat dirumuskan sebagai gangguan kejiwaan akibat ketidakmampuan seseorang menghadapi persoalan yang harus diselesaikan. Akibatnya, yang bersangkutan bertingkah laku secara kurang wajar. 

Gejala-gejala orang yang mengalami emotional breakdown atau gangguan mental di antaranya sering merasakan pusing, sesak napas, demam, dan nyeri lambung. Selain itu, mereka juga mudah merasakan rasa cemas, depresi, ketakutan, patah hati, cemburu, dan gampang marah.

Meskipun begitu, bukan berarti gangguan mental seperti yang dialami Selena Gomez tidak bisa dicegah. Caranya harus memantapkan tujuan hidup, termasuk keseimbangan antara kemampuan dan harapan.

Selain itu, sangat disarankan selalu menanamkan pikiran positif saat memecahkan persoalan. Berpikir jauh ke depan tentu tidak akan menjadi suatu hal mengerikan jika kita melihatnya secara optimis.

Cara terpenting untuk menghindar dari emotional breakdown adalah berkomunikasi dengan orang lain. Dengan begitu kita dapat menyampaikan keluh kesah pada seseorang yang selama ini dipendam sendirian.

Baiknya lagi orang yang diajak bertukar pikiran itu bisa memberikan solusi untuk memecahkan suatu permasalah tersebut.

Jika telah menyadari bahwa sedang mengalami beberapa gejala gangguan mental, akan jauh lebih baik jika menemui ahlinya, yaitu psikiater.

Selain dengan psikiater, kita juga bisa berbicara dengan teman akrab atau keluarga dekat yang dapat dipercaya. Berbagi masalah dan bertukar pikiran lumayan efektif untuk meringankan beban.

Seperti diketahui, emotional breakdown yang dialami Selena Gomez merupakan dampak dari berbagai masalah yang dihadapinya, mulai dari komplikasi kesehatan hingga percintaan.

Selena Gomez telah melakukan transplantasi ginjal akibat penyakit lupus yang dideritanya beberapa tahun silam. Setelah menjalani masa pemulihan yang sulit, perempuan 26 tahun ini masih harus menghadapi masalah percintaan yang kompleks dengan Justin Bieber.

Saat ini, Selena Gomez juga tengah menjalani Dialectical Behaviour Therapy atau DBT. Metode terapi ini dirancang untuk mengidentifikasi dan mengubah pemikiran negatif serta pola perilaku seseorang.

Bagi Selena Gomez dan siapa pun di seluruh dunia yang sedang mengalami gangguan mental jangan pernah menyerah. Kesembuhan pasti datang jika terus berjuang.

Artikel terkait dimuat Dewiku.com dengan judul: Mengenal Emotional Breakdown yang Dialami Selena Gomez