Rabu, 03 Juni 2020
Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C : Rabu, 03 Oktober 2018 | 12:30 WIB

Himedik.com - Kesehatan mental tidak melulu disangkutpautkan dengan kondisi jiwa yang gila atau tidak waras. Stres dan depresi juga termasuk kesehatan mental.

Banyak hal yang dapat menyebabkan kesehatan mental, bahkan kebiasaan buruk yang sering dilakukan sehari-hari pun dapat mengganggu kesehatan mental, seperti,

1. Membungkuk saat berjalan

Hasil penelitian yang diterbitkan pada Journal of Behavior Therapy and Experimental Psychiatry, seseorang yang berjalan dengan bahu membungkuk cenderung memiliki suasana hati yang tidak senang. Selain itu, mereka rentan mengalami depresi.

2. Malas gerak

Malas gerak juga membuat kesehatan mental seseorang terganggu karena hanya bikin tubuh jadi lemas, otot mengecil, dan perut membesar. Kondisi ini memicu depresi dan kecemasan.

3. Kurang tidur

Tidur dapat mempengaruhi segalanya dalam tubuh kita, termasuk fisik, emosional, dan mental.

Tidur adalah cara tubuh beregenerasi, tanpa fungsi ini, semua sistem di tubuh manusia bisa rusak, termasuk fungsi mental.

4. Sering menghadap layar gadget

Banyak kasus yang membuat seseorang cemas, depresi, dan stres akibat terlalu sering menjalani kehidupan di sosial media.

Michael Mantell, PhD, seorang ahli ilmu perilaku dari San Diego, California mengatakan, ketika seseorang tidak memiliki waktu untuk tatap muka langsung dengan orang lain, hanya virtual, maka kemampuan dan minatnya untuk bertemu dengan orang juga akan menurun.

5. Terlalu serius

Serius memang perlu, namun serius berlebihan juga tidak baik. Jangan terlalu mudah menumpuk pikiran, hal ini hanya akan membuatmu stres.

Sisihkan waktu untuk tertawa, seperti menonton film lucu, berkumpul bersama teman, dan lain-lain. Dapat dikatakan bahwa tertawa merupakan salah satu kebutuhan bagi kesehatan mental seseorang.