Kamis, 28 Maret 2024
Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana : Senin, 16 November 2020 | 21:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Pada pria, memiliki jumlah sperma yang lebih tinggi bisa berpengaruh dalam membuat pasangan lebih mudah untuk hamil. Dalam hal ini pria nyatanya menyumbang 8 persen faktor ketidaksuburan pasangan.

Pola makan telah terbukti memengaruhi kesuburan pria khusunya pada jumlah sperma. Oleh karena itu, asupan juga memiliki pengaruh pada kesuburan

"Mengatasi semua aspek kesuburan dengan pola makan tentu tidak ada salahnya. Pola makan adalah cara alami yang bagus untuk meningkatkan kesuburan, " kata Arielle Spiegel, CEO dan pendiri Cofertility.

Melansir dari Insider, berikut adalah beberapa pola makan yang harus dipertimbangkan pria yang sedang merencanakan program kehamilan bersama pasangan, antara lain:

1. Ganti Konsumsi Daging Olahan dengan Ikan

Pria yang makan daging olahan dengan jumlah tinggi memiliki jumlah sperma yang lebih rendah dibandingkan dengan pria yang makan daging olahan sedikit. Sementara makan ikan dikaitkan dengan jumlah sperma yang lebih tinggi.

2. Hindari Kedelai

Makan produk kedelai dikaitkan dengan jumlah sperma yang lebih rendah. Kedelai sendiri dikenal bisa meniru hormon estrogen dalam tubuh wanita.

kedelai, kacang kedelai. (Elements/Envato)

3. Meningkatkan Asupan Buah dan Sayuran

Makan lebih banyak buah dan sayuran dikaitkan dengan peningkatan jumlah sperma. Secara khusus, likopen yang ditemukan dalam tomat dan buah serta sayuran merah lainnya telah dikaitkan dengan peningkatan kesuburan pria.

"Suplementasi Lycopene 4-8 mg selama 8 sampai 12 bulan dapat meningkatkan kesehatan sperma dan meningkatkan kemungkinan menghamili," kata Soma Mandal, MD, seorang internis kesehatan wanita.

BACA SELANJUTNYA

Tingkatkan Kualitas Sperma, Cobalah Sering Berhubungan Seks!