Jum'at, 19 April 2024
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Minggu, 26 Januari 2020 | 13:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Sekarang ini, aplikasi TikTok tengah menjadi tren di kalangan pengguna media sosial. Aplikasi ini pun menyelamatkan Alex Grisworld dari kanker kulit melanoma.

Alex Griswold adalah seorang selebriti TikTok yang memiliki 500 ribu pengikut. Alex merasa perlu berterima kasih kepada TikTok karena telah menyelamatkan hidupnya.

Pria asal San Francisco itu baru mengetahui kalau tahi lalat di punggungnya merupakan tanda kanker kulit. Alex baru mengetahui hal itu setelah dua pengikutnya di TikTok memberi tahunya.

"Aku sangat bersyukur mereka memperhatikannya. Kalau tidak, aku mungkin tidak akan pergi ke dokter kulit selama bertahun-tahun dan tidak akan tahu tentang kanker itu," kata Alex dikutip dari People.com.

Alex pertama kali menceritakan kisahnya dalam sebuah video yang diunggah ke akun TikTok pada Desember 2019 lalu.

Alex menjelaskan bahwa dokter kulit telah mengangkat tahi lalatnya untuk diuji dan menemukan itu cukup atipikal yang bisa menyebabkan kanker.

Ilustrasi mendeteksi kanker kulit. [Shutterstock]

"Dokter mengatakan padaku siapa pun orang yang memberi tahuku, dia telah menyelamatkan hidupku lebih awal. Jadi karena dua orang asing ini, aku bisa menghindari kanker kulit berkembang lebih ganas," jelasnya.

Salah satu orang yang bisa mendeteksi kanker kulitnya adalah Lizzie Wells, seorang wanita asal Macon, Georgia. Saat itu ia sedang menonton video TikTok Alex dan melihat ada benjolan seperti jerawat ketika melihat tahi lalat di punggung Alex.

Sebelumnya, Lizzie adalah seorang penderita kanker kulit melanoma yang berhasil melawan penyakitnya. Karena itu, ia segera memberi tahu dan menyarankan Alex untuk periksa ke dokter kulit.

Ilustrasi aplikasi TikTok. [Shutterstock]

Perlu diketahui, lebih dari 2 orang meninggal dunia karena kanker kulit setiap dua jam di Amerika Serikat. Laman skincancer.org pun mencatat lebih dari 9.500 orang di Amerika Serikar didiganosis kanker kulit setiap hari.

Secara keseluruhan, 1 dari 5 orang Amerika akan menderita penyakit ini pada usia 70 tahun. Karena itu, seseorang perlu mewaspadai tanda-tanda kanker kulit.

BACA SELANJUTNYA

Makeup dengan SPF Tak Sepenuhnya Lindungi Kulit dari Sinar UV, lho!