Selasa, 30 April 2024
Rauhanda Riyantama : Kamis, 13 September 2018 | 18:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Saat mengenakan sepatu, terkadang ada yang malas menggunakan kaos kaki. Alasannya lebih pada terlalu ribet dan kurang fleksibel.

Jika kamu salah satunya, maka segera rubah kebiasaan buruk itu sekarang. Meski sepele, ternyata memakai kaos kaki sebelum mengenakan sepatu dapat melindungi kaki dari infeksi jamur.

Kaki umumnya menghasilkan 500 ml keringat setiap hari, sehingga dapat membuat sepatu berbau tak sedap jika langsung bersinggungan dengan kaki. Jika ini berlangsung terlalu sering, sepatu akan ditumbuhi jamur. 

Keringat juga mengandung bakteri yang dapat berkembang biak dengan cepat di lingkungan yang lembap. Kaki akan dengan mudah terinfeksi bakteri jamur, sehingga menimbulkan rasa gatal. 

Bukan hanya telapak kaki, jamur juga akan bersarang di sela-sela jari kaki. Daerah yang sempit dan bercelah seperti itu sangat ideal bagi jamur untuk berkembang biak.

Risiko lain yang mengintai jika enggan memakai kaos kaki adalah kaki rawan lecet. Hal ini dikarenakan tak semua jenis sepatu terasa nyaman tanpa kaos kaki.

Jadi solusi paling ampuh untuk keluhan seperti ini adalah menjaga kebersihan. Bukan hanya kebersihan kaki, tapi juga sepatu dan kaos kaki.

Caranya sederhana, hanya butuh membiasakan diri untuk memakai kaos kaki sebelum menggunakan sepatu dan rajin menggantinya setiap hari.

Buat yang beraktvitas dengan sepatu setiap hari, usahakan untuk selalu menjemur sepatu agar ada pertukaran udara dalam rongga sepatu.

Jangan lupa untuk mencuci kaki setelah melepas sepatu. Cuci bersih dari bagian telapak kaki dan sela-sela jari dengan sabun antiseptik. Jika melakukannya dengan rajin, maka kaki akan terbebas keluhan.

Artikel terkait dimuat Dewiku.com dengan judul: Inilah Pentingnya Memakai Kaos Kaki sebelum Mengenakan Sepatu

BACA SELANJUTNYA

Waduh, Rumah Lembap dan Berjamur Bisa Picu Masalah Pernapasan Lho!