Minggu, 05 Mei 2024
Ririn Indriani : Minggu, 26 Agustus 2018 | 20:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Pernah melihat lelaki Anda mengeluarkan kondom dari saku atau dompetnya? Jika ya, maka laranglah dari sekarang, karena saku dan dompet ternyata tempat terburuk untuk menyimpan kondom.

Pemimpin klinis di badan amal kesehatan seksual FPA, Karin O’Sullivan mengungkapkan pada Metro.co.uk, bahwa kondom yang disimpan di saku atau dompet bisa mengalami gesekan dan perubahan suhu yang dapat mempengaruhi kualitasnya.

"Panas, lembab, adanya gesekan, dan kegelapan cahaya dapat memengaruhi kualitas kondom dan membuatnya kurang efektif," kata Karin O’Sullivan.

Saku maupun dompet, lanjut dia, cenderung terlalu hangat untuk kondom, karena kondom bersentuhan langsung dengan tubuh Anda dan panasnya. Ketika kondom mengalami panas, lateks atau material kondom akan menjadi lebih rapuh, membuatnya berada pada risiko kerusakan yang lebih besar.

Di saat yang sama, Anda juga membuat kondom bergesekan dengan material celana yang cukup lama, dan membuat kondom menjadi lebih lemah.

Ya, saku belakang akan mengalami banyak gesekan, ketika Anda berjalan, duduk, atau menyimpan barang lain di situ, sedangkan dompet, dengan buka tutup yang rutin, juga akan membuat masalah yang sama, terutama ketika kondom tertutup kartu dan uang tunai.

Selain itu, mungkin saja, kondom juga disimpan bersamaan dengan sesuatu yang tajam, seperti kunci saat Anda menyimpannya di saku atau dompet, yang dapat membuat lubang kecil sehingga Anda tidak akan menyadarinya.

Anda tahu kondom berlubang tentulah bukanlah kondom yang aman. Saku dan dompet juga bukan satu-satunya tempat yang tidak aman untuk menyimpan kondom.

Anda juga harus menghindari menyimpan kondom di lemari kamar mandi. Alasannya sama, yakni karena masalah kelembapan yang dapat menyebabkan kerusakan.

Selain itu, jangan pula menyimpan kondom yang terkena sinar matahari langsung, di sepatu dan kaus kaki, atau di laci mobil.

"Kondom harus disimpan di tempat yang tidak dapat dirusak oleh panas yang kuat, benda tajam, atau kelembaban. Idealnya, di meja samping tempat tidur, tetapi juga akan baik-baik saja untuk membawa kondom di suatu tempat yang aman di tas tangan," ujar Karin.

Sebuah kompartemen terpisah di dompet Anda juga bisa berfungsi, tetapi ingatlah untuk tidak meninggalkan atau menyimpan kondom terlalu lama di dalam sana hingga melewati tanggal kedaluwarsa.

"Beberapa kondom juga dirancang dan dikemas untuk disimpan dalam dompet, misalnya dikemas dengan wadah yang lebih kuat atau dikemas seperti kartu kredit," tambahnya.

Jadi, mulai sekarang jangan lagi menyimpan kondom di saku atau dompet agar kualitas kondom terjaga dengan baik. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

BACA SELANJUTNYA

Jangan Sampai Sobek, Hindari Kesalahan Pakai Kondom Ini