Sabtu, 20 April 2024
Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere : Selasa, 17 Juli 2018 | 18:54 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Bicara soal masturbasi, kita semua pasti sudah tahu bahwa ini merupakan aktivitas seksual yang mandiri. Aktivitas ini adalah salah satu cara untuk mendapatkan kepuasan dengan menstimulus diri sendiri.

Sayangnya, hingga kini, masih saja ada orang yang menganggap ini adalah perilaku menyimpang. Pemikiran seperti ini sebaiknya harus kamu buang jauh-jauh sebab ini adalah anggapan yang keliru.

Menurut Dr A. Chakravarthy, President International Association of Sexual Medicine, masturbasi tak mengakibatkan masalah fisik maupun mental.

Masturbasi dianggap sebagai salah satu topik yang menarik untuk dibahas. Banyak fakta yang masih belum diekspos terkait hal ini. Nah, kali ini Himedik.com telah siapkan 5 fakta yang belum kamu tahu tentang masturbasi, dilansir dari webmd.

1. Masturbasi tak memiliki manfaat kesehatan layaknya hubungan seksual

Ilustrasi/unsplash

"Tampaknya tak semua orgasme diciptakan sama", kata Tobias S. Köhler, MD, MPH, seorang profesor di Southern Illinois University School of Medicine di Springfield. Hubungan seksual memiliki banyak manfaat bagi pria seperti untuk tekanan darah, jantung dan kesehatan prostat.

Namun ini tak berlaku pada masturbasi. Ini terjadi karena tubuh merespon dengan cara yang berbeda. Bahkan seperti dikutip dari laman webmd, susunan air mani pun berbeda jika kamu melakukan masturbasi dan berhubungan seksual.

Satu studi yang dilakukan Health Professional Followup Harvard, menunjukkan masturbasi dapat membantu menurunkan risiko kanker prostat.

2. Masturbasi juga punya risiko

Ilustrasi/unsplash

Meski ini adalah bentuk aman dari seks, masturbasi tetap punya risiko. Masturbasi yang terlalu sering dan dilakukan dengan kasar dapat menyebabkan iritasi ringan pada kulit.

Menekuk Mr P yang ereksi secara paksa dapat menyebabkan masalah pada pembuluh darah - kondisi ini disebut fraktur penis. Banyak pria yang mengalami kondisi ini dan harus berakhir di ruang operasi.

3. Tak ada jumlah masturbasi yang normal

Menurut Logan Levkoff, PhD, seorang seksolog dan pendidik seks, ini bukan soal berapa kali kamu melakukan masturbasi dalam seminggu tapi lebih pada bagaimana itu cocok dengan hidupmu.

Jika kamu melakukan masturbasi berkali-kali dan memiliki kehidupan yang sehat dan memuaskan, maka ini baik untukmu. Tapi jika kamu melakukan masturbasi berkali-kali sehari dan lebih memilih hal ini daripada hubungan seksual dengan pasanganmu, maka kamu lebih baik segera konsultasi ke dokter.

4. Masturbasi tak mencerminkan hubunganmu dengan pasangan

Ilustrasi/unsplash

Levkoff mengatakan mitos yang paling merusak tentang masturbasi pria adalah bahwa itu pertanda ada yang salah dalam hubungan mereka. Faktanya ada semua pria bermasturbasi, entah lajang atau pun yang sudah memiliki kekasih. Dan ini tak hubungannya dengan pasangan mereka.

Masturbasi bukan hanya perkara seks, menurutnya. Bagi banyak orang, ini adalah cara untuk menghilangkan stres, 'membersihkan' kepala sebelum kerja atau tidur.

5. Masturbasi bisa membantu kehidupan seksualmu

Ilustrasi/unsplash

Dengan kata lain, saat masturbasi kamu belajar apa yang kamu sukai. "Saya pikir wanita akan lebih puas secara seksual dalam hubungan mereka jika mereka melakukan masturbasi sama seperti pria," kata Levkoff.

Menurut Ian Kerner, PhD, seorang terapis seks dan penulis She Comes First, masturbasi adalah hal yang sehat. Namun menurutnya, akan lebih baik jika seorang pria berhenti melakukan masturbasi.

Itu tadi fakta seputar masturbasi yang mungkin belum kamu tahu. Gimana nih menurutmu?

BACA SELANJUTNYA

Disebut Bisa Meredakan Nyeri, Benarkah Masturbasi Sembuhkan Sakit Kronis?