Rabu, 03 Juli 2024
Yasinta Rahmawati : Kamis, 20 Juni 2024 | 08:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Demi tubuh yang bugar dan sehat, aktivitas fisik atau olahraga sangat penting dilakukan rutin. Tak cuma bisa menjaga berat badan, olahraga teratur juga bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit berbahaya seperti jantung koroner, stroke, dan kanker.

Berolahraga rutin juga dapat membantu melindungi terhadap diabetes tipe 2 , penyebab kematian tertinggi ke 3 di Indonesia.

Menariknya, penelitian baru menunjukkan bahwa berolahraga pada waktu tertentu adalah pilihan terbaik bagi mereka yang ingin mengontrol kadar gula darah dan menurunkan risiko diabetes.

Melansir laman Express, dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Obesity menemukan bahwa olahraga di malam hari paling efektif untuk menurunkan kadar gula darah.

Hal ini ditemukan terjadi pada orang dewasa yang kelebihan berat badan atau obesitas ketika mereka melakukan aktivitas fisik sedang hingga berat di malam hari.

Tim peneliti menjelaskan bahwa tingkat olahraga ini telah diketahui meningkatkan homeostatis glukosa, yakni keadaan tubuh dalam mempertahankan kadar gula darah yang konstan.

Tren olahraga di malam hari. (Shutterstock)

Sebanyak 186 orang dewasa dengan usia rata-rata 46 tahun yang tergolong kelebihan berat badan atau obesitas berpartisipasi dalam studi cross-sectional ini.

Aktivitas fisik dan pola glukosa peserta dipantau secara bersamaan selama dua minggu menggunakan perangkat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melakukan lebih dari 50 persen aktivitas fisik sedang hingga berat di malam hari dikaitkan dengan penurunan kadar glukosa darah siang, malam, dan keseluruhan dibandingkan dengan tidak aktif.

Namun kata mereka, masih sedikit yang diketahui mengenai waktu optimal aktivitas fisik sedang hingga berat untuk meningkatkan kontrol glukosa darah harian. Bagaimana? Tertarik mencoba olahraga di malam hari?

BACA SELANJUTNYA

5 Fakta Menarik Olahraga Pole Dance yang Dilakukan Azizah Salsha