Minggu, 28 April 2024
Yasinta Rahmawati : Senin, 25 April 2022 | 08:37 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Selain makanan khas, momen Lebaran juga diwarnai oleh berbagai minuman aneka rasa yang tentunya mengandung cukup banyak gula. Jangan sampai hal ini malah membuat gula darah Anda naik setelah Lebaran. Maka dari itu, ada baiknya untuk membatasi konsumsi 5 minuman yang bisa bikin gula darah naik saat Lebaran berikut ini, dilansir dari Suara.com.

Daftar 5 Minuman Bikin Gula Darah Naik saat Lebaran

1. Sirup

Menyegarkan, praktis, dan menawarkan banyak rasa, sirup jadi opsi utama disajikan saat Lebaran. Namun demikian ketika Anda meminum terlalu banyak, gula darah di dalam tubuh bisa meningkat pesat. Kandungan karbohidrat dan fruktosa yang dimilikinya dapat meningkatkan risiko diabetes.

2. Es Kopi Susu

Solusi paling tepat untuk mata mengantuk dan kurang semangat bukan? Faktanya, secangkir kopi susu berukuran 240 ml mengandung 9 gram gula. Kandungan ini setara dengan sepertiga batas konsumsi gula harian yang disarankan. Kopi susu juga disajikan bersama susu kental manis dan krimer, yang mengandung gula dan lemak jenuh yang tinggi. Tampak jelas bahwa tak boleh dikonsumsi berlebihan bukan?

Es teh. (pixabay)

3. Jus Buah

Jus buah yang dimaksud adalah jus buah dengan tambahan gula di dalamnya. Jus buah pada dasarnya sudah memiliki rasa alami yang cukup nikmat dan manis. Ketika ditambahkan gula, maka Anda akan mendapatkan asupan gula berlebih. Di samping itu, nutrisi dalam jus buah tidak dapat membawa manfaat maksimal, karena akan kalah dengan gula yang Anda masukkan.

4. Teh Manis

Saat bersilaturahmi dari rumah ke rumah saat Lebaran, minuman lain yang paling umum disajikan adalah teh manis. Teh memang tidak berbahaya, tapi ingat bahwa ada kandungan gula di sana, terlabih jika itu teh kemasan. Terbayang bukan jika dalam satu hari meneguk beberapa gelas teh manis, tentunya gula darah akan melonjak.

5. Minuman Bersoda

Sebagai minuman rekreasional yang diminum sesekali tentu tak masalah. Namun ketika dikonsumsi berlebihan, minuman bersoda akan memberikan kadar gula sangat tinggi dalam diri Anda. Setidaknya dalam satu kemasan minuman bersoda, pemanisnya setara dengan 10 sendok teh, sementara kebutuhan harian gula manusia dewasa hanya 6 sampai 12 sendok teh saja.

Itu tadi daftar 5 minuman bikin gula darah naik saat Lebaran. Perbanyak minum air putih dan batasi minuman di atas agar gula darah tetap stabil pasca Lebaran.

BACA SELANJUTNYA

Makan Sayuran Ini Bisa Turunkan Kadar Gula Darah, Bagus untuk Penderita Diabetes