Minggu, 28 April 2024
Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana : Selasa, 08 Juni 2021 | 11:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Sudah banyak diketahui bahwa pola makan seimbang dengan menekankan asupan buah, sayur, protein, biji-bijian, hingga karbohidrat yang seimbang bisa menyehatkan tubuh. 

Namun melansir dari Eat This, ada beberapa makanan yang umum dikonsumsi namun bisa berefek pada kesehatan secara keseluruhan. Berikut lima makanan tidak sehat yang biasa Anda santap, antara lain:

1. Keripik kentang

Sebuah studi New England Journal of Medicine menemukan bahwa keripik kentang menambahkan lebih banyak berat badan ke tubuh dibandingkan minuman manis, daging olahan, daging merah, dan makanan lainnya. Keripik kentang juga kaya akan natrium yang tidak baik dikonsumsi secara rutin. 

2. Ayam goreng tepung

Ayam dianggap sebagai alternatif yang lebih sehat daripada daging merah karena lebih rendah lemak jenuh  dan merupakan sumber protein yang bagus.

Tapi melapisinya dengan tepung dan digoreng dalam rendaman minyak panas malah membuatnya tak lagi bergizi. 

Saat Anda mengaduk dan menggoreng ayam dalam minyak, makanan tersebut menyerap banyak lemak yang meningkatkan kandungan kalori makanan tersebut.

Lebih buruk lagi, menggoreng makanan dengan suhu tinggi dalam minyak membentuk lemak trans yang dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, kanker, dan obesitas.

3. Donat

Donat terbuat dari tepung putih, gula, dan mentega nabati yang kemudian digoreng. Ini berarti donat juga mengandung lemak trans. Menurut Mayo Clinic, lemak trans adalah jenis lemak terburuk yang meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik.

4. Margarin

Mentega, Margarin, dan Minyak Samin (Shutterstock)


Mengonsumsi sebatang margarin meningkatkan risiko penyakit jantung koroner karena mengandung lemak trans.

Semakin padat margarin, semakin banyak lemak trans. Mentega seringkali merupakan pilihan yang lebih baik untuk roti panggang daripada margarin. 

Sebuah tinjauan tahun 2016 di PLOS One menemukan sangat sedikit hubungan antara konsumsi mentega dan penyakit jantung

5. Roti Bagel

Roti bagel penuh dengan adonan tepung putih, setara dengan karbohidrat dari sekitar lima potong roti tawar panggang. Bahkan meskipun bagel rata-rata mengandung sekitar 250 kalori, Anda tetap akan segera merasa lapar usai mengonsumsinya.

Kondisi ini yang akan meningkatkan gula darah Anda dengan cepat, namun menurunkannya dengan cepat pula. 

BACA SELANJUTNYA

Perut Anda Terasa Kembung? Mungkin Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Ini