Jum'at, 29 Maret 2024
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Selasa, 04 Mei 2021 | 15:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Sejak pandemi virus corona Covid-19 merajalela, semua orang telah berusaha mengambil tindakan pencegahan dan perlindungan dari patogen mematikan tersebut.

Selain mencuci tangan dan memakai masker ganda, hampir semua orang juga memastikan kebersihan makanannya dengan mencuci buah serta sayuran selama pandemi virus corona Covid-19.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), orang harus mencuci buah dan sayuran sebelum mengonsumsinya.

WHO juga menyebutkan bahwa sekarang ini belum ada bukti masyarakat bisa tertular virus corona Covid-19 dari makanan, termasuk buah dan sayuran.

Berikut ini dilansir dari Jagran English, tata cara mencuci buah dan sayuran yang benar selama pandemi virus corona Covid-19.

Buah dan sayuran (Shutterstock)

1. Cuci tangan pakai sabun dan air sebelum mencuci buah dan sayuran

Orang harus mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun dan air selama 20 detik, sebelum mencuci buah dan sayuran.

2. Cuci sayuran sampai bersih

Anda perlu mencuci buah dan sayuran menggunakan air bersih dan menggosoknya dengan tangan ketika membersihkannya. Tindakan itu adalah cara sederhana dan termudah untuk membersihkan buah dan sayuran.

Menurut WHO, belum ada bukti bahwa virus corona Covid-19 bisa hidup di permukaan kemasan makanan, termasuk buah dan sayuran sampai sekarang.

"Virus corona membutuhkan inang yang hidup, seperti hewan dan manusia untuk berkembang biak dan bertahan hidup, serta tidak bisa berkembang biak di permukaan kemasan makanan," kata WHO.

WHO menegaskan bahwa semua orang tidak perlu mendisinfeksi bahan kemasan makanan, tetapi tangan harus dicuci dengan benar setelah memegang kemasan makanan dan sebelum makan.

BACA SELANJUTNYA

Peneliti Temukan Infeksi Virus Corona Covid-19 Bisa Sebabkan Stroke Mata