Senin, 29 April 2024
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Sabtu, 01 Mei 2021 | 06:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Mandi bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, mulai dari membersihkan dan melembapkan kulit serta menghilangkan bakteri di tubuh.

Tapi, menggosok badan menggunakan handuk setelah mandi bukanlah pilihan terbaik. Menurut dokter kosmetik, Dr Rekha Tailor of Health & Aesthetics, Anda harus menghindari penggunaan handuk untuk mengeringkan badan.

Dr Rekha menyankan semua orang untuk menahan diri menggosok tubuh menggunakan handuk sampai kering setelah mandi dan lebih baik membiarkan tubuh kering sendiri. Karena, cara ini bisa membantu kulit mempertahankan kelembapan yang dibutuhkan agar tetap sehat dan terhidrasi.

Menurut Dr Tailor, menjaga kelembapan kulit bisa membantunya menyerap bahan-bahan dalam produk perawatan kulit agar mendapatkan manfaat maksimal.

Selain mengeringkan tubuh menggunakan handuk, mandi air panas juga salah satu yang harus dihindari. Meskipun air panas bisa menyenangkan, tapi bisa memberikan efek samping yang merugikan.

Ilustrasi Mandi. (Pixabay/PublicDomainPictures)

Dr Rekha mengatakan air panas bisa menyebabkan kerusakan pada sel keratin yang berada di lapisan luar kulit atau epidermis. Menurutnya, suhu yang lebih tinggi menyebabkan kulit mengering dan memperburuk kondisi kulit, seperti eksim yang menyebabkan kulit merah, gatal dan kering.

Sebaliknya dilansir dari Express, mandi pakai air dingin justru akan meningkatkan kekebalan. Studi dalam jurnal PLos One telah mengevaluasi manfaat mandi air dingin terhadap penyakit, kualitas hidup dan produktivitas kerja.

Studi yang melibatkan 3.018 peserta berusia antara 18 dan 65 tahun tanpa kondisi kesehatan mendasar selama Januari hingga Maret 2015 itu, menemukan mandi air dingin bisa meningkatkan kekebalan tubuh 30 persen seiring berjalannya waktu.

Meskipun, beberapa orang mungkin menunjukkan respons stres ketika pertama kali mandi air dingin. Namun, tubuh akan beradaptasi terhadap air dingin dan respons stres menurun seiring berjalannya waktu.

BACA SELANJUTNYA

Mandi Air Panas disebut Lancarkan Menstruasi, Simak Kata Dokter