Minggu, 11 April 2021
Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana : Rabu, 07 April 2021 | 17:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Selain istirahat cukup sebelum mendapatkan suntikan vaiksin, ada beberapa hal yang tak boleh Anda lakukan sebelum atau sesudah mendapatkan vaksin Covid-19.

Melansir dari Huffpost, berikut beberapa panduan vaksin yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Jangan Minum Obat  Berikut Sebelum Suntik

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengatakan bahwa Anda tidak boleh mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas seperti ibuprofen, asetaminofen, dan aspirin sebelum vaksinasi. Hal ini disebabkan karena obat yang dijual bebas seperti ibuprofen adalah antiperadangan yang dapat menumpulkan respons tubuh Anda terhadap vaksin.

“Ini (obat-obatan) dapat mengganggu kemampuan vaksin tersebut untuk memberi Anda respons yang paling kuat,” kata Deborah Fuller, seorang ahli mikrobiologi di Fakultas Kedokteran Universitas Washington yang sedang mengerjakan vaksin virus corona.

Setelah vaksinasi, obat-obatan ini dapat digunakan untuk mengurangi efek samping yang mungkin Anda rasakan, seperti nyeri atau ketidaknyamanan lainnya.

2. Jangan Memaksakan Diri untuk Berolahraga

Anda tak perlu memaksakan diri untuk berolahraga setelah vaksinasi jika Anda tidak sanggup melakukannya.

“Olahraga sebenarnya adalah penyeimbang yang baik dari sistem kekebalan Anda, ia menyeimbangkan dan mengatur kekebalan,” kata Fuller.

Tetapi tentu jangan merasa perlu untuk memaksakan diri berolahraga jika Anda merasa tidak enak badan.

3. Jangan Lupa Banyakin Minum

Terus terhidrasi dengan banyak minum bisa membantu tubuh memproses respons imun dari vaksin Covid-19.

“Hidrasi penting untuk fungsi sistem kekebalan Anda, sehingga akan membantu tubuh Anda mengembangkan respons yang lebih baik terhadap vaksin,” kata Fuller.

Pastikan Anda terhidrasi dengan baik karena jika Anda mengalami demam ringan setelah vaksinasi, Anda kemungkinan besar akan berkeringat dan kehilangan volume air.

Vaksinator memberikan suntikan vaskin Covid-19 dalam acara vaksinasi massal petugas pelayanan publik, TNI hingga wartawan di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Jumat (26/2/2021). [Suara.com/Muhammad Jehan Nurhakim]

4. Jangan Filler di Waktu Berdekatan

CDC mencatat bahwa orang yang memiliki filler mungkin mengalami pembengkakan di atau dekat tempat injeksi filler saat divaksind engan vaksin mRNA seperti Pfizer atau Moderna.

“Vaksin Covid-19 dapat diberikan kepada orang-orang yang telah menerima pengisi dermal suntik yang tidak memiliki kontraindikasi atau tindakan pencegahan untuk vaksinasi,” ungkap CDC.

BACA SELANJUTNYA

Efek Samping Vaksin Covid-19, Apa Pemicunya?