Minggu, 11 April 2021
Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana : Sabtu, 03 April 2021 | 15:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Saat lelah dan lesu sepanjang hari, mungkin yang ingin Anda lakukan adalah tidur dan istirahat. Padahal kunci dari mengatasi kelelahan dan lesu adalah segera bergerak atau melakukan aktivitas fisik.

Melansir dari laman resmi Mayo Clinic, aktif secara fisik mengurangi risiko rasa lelah hingga hampir setengahnya alih-alih hanya duduk dan istirahat. Anda mungkin merasa sedikit lelah setelah melakukan aktivitas fisik, tetapi secara keseluruhan olahraga teratur atau sekadar menggerakkan tubuh memberi Anda lebih banyak energi sepanjang hari, membantu Anda merasa fokus, dan mampu menyelesaikan tugas dengan lebih efisien.

Manfaat penting lainnya, aktivitas fisik adalah pemacu suasana hati. Olahraga membantu tubuh Anda memproduksi lebih banyak endorfin, bahan kimia perasaan nyaman di otak Anda. Aktivitas fisik juga dapat meningkatkan kualitas tidur Anda yang akan memberi Anda lebih banyak energi sepanjang hari.

Ilustrasi olahraga di rumah (shutterstock)

Mayo Clinic menyarankan untuk menjadikan kebiasaan bergerak menjadi rutinitas sehari-hari. Jika Anda saat ini tidak aktif, mulailah secara bertahap dengan berjalan-jalan di sekitar blok.

Jika Anda sudah memiliki rutinitas olahraga, pikirkan cara untuk membuatnya sedikit lebih menantang. Hanya melakukan jogging singkat atau bersepeda dengan intensitas rendah atau sedang dapat memengaruhi perasaan dan kinerja Anda.

Di tempat kerja, setel alarm untuk mengingatkan diri Anda sendiri agar sesekali berdiri dari meja setiap jam, meregangkan tubuh, dan berjalan singkat. 

BACA SELANJUTNYA

Studi Baru: Pola Tidur Buruk Tingkatkan Risiko Infeksi Virus Corona