Selasa, 16 April 2024
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Jum'at, 02 April 2021 | 17:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Kotoran telinga juga disebut sebagai cerumen dalam bidang medis. Cerumen adalah zat yang mencul secara almi di telinga.  Kotoran telinga ini terbentuk dari minyak dan keringat yang bercampur dengan kotoran serta sel kulit mati.

Meskipun kotoran telinga lengket dan berbau, ini berfungsi sebagai penghalang alami yang mencegah kotoran dan bakteri masuk ke bagian paling dalam telinga.

Sifat lengketnya berfungsi mengumpulkan puing-puing mikroskopis yang masuk ke saluran terlinga, seperti serangga. Tanpa penghalang yang berupa kotoran ini, telinga bagian dalam Anda akan berisiko terinfeksi.

Selain itu. kotoran telinga juga bertindak sebagai pelembap dan lapiuan pelindung untuk saluran telinga. Tanpa adanya kotoran telinga, telinga luar mungkin terasa gatal dan berisisik sehingga berisiko mengalami iritasi dan infeksi.

Sedangkan, bau kotoran telinga berfungsi mengusir serangga agar tidak masuk telinga. Lalu, lengketnya akan menjebak serangga agar tidak masuk terlalu dalam.

Ilustrasi telinga, kotoran telinga (shutterstock)

Tapi dilansir dari Healthy Hearing, ada dua macam kotoran telinga, yakni basah dan kering. Cerumen basah lebih sering terjadi pada orang Kaukasia dan Afrika. Carumen kering lebih sering dialami orang Amerika, Kepulauan Pasifik dan Asia.

Hal terpenting yang harus Anda ketahui bahwa kotoran telinga itu bisa menggambarkan kondisi tubuh Anda melalui warnanya. Contohnya:

1. Kotoran telinga berwarna coklat tua atau hitam

Kotoran telinga berwarna coklat tua atau hitam berasal dari kotoran dan bakteri yang terperangkap. Orang dewasa cenderung memiliki kotoran telinga berwarna lebih gelap dan keras.

2. Kotoran telinga berwarna coklat tua

Kotoran telinga berwarna coklat tua yang disertai warna merah mungkin menandakan adanya luka berdarah di dalam telinga.

3. Kotoran telinga berwarna coklat muda, orange atau kuning

Kotoran telinga berwarna coklat muda, orange atau kuning justru menandakan Anda sehat dan normal. Biasanya, anak-anak cenderung memiliki kotoran telinga yang lebih lembut dan berwarna lebih terang.

4. Kotoran telinga berwarna putih dan bersisik

Kotoran telinga berwarna putih dan bersisik menandakan Anda kekurangan bahan kimia penghasil bau badan. Kotoran telinga berwarna gelap dan lengket menandakan Anda sebaiknya menggunakan deodoran untuk bau badan.

 

BACA SELANJUTNYA

Jangan Keseringan Pakai Headphone, Ini Lho Efeknya Pada Kesehatan!