Selasa, 30 April 2024
Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana : Jum'at, 18 Desember 2020 | 13:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Vaksin Covid-19 membutuhkan waktu untuk membangun respons kekebalan yang akan membuat Anda tetap aman dan terlindungi dari virus corona.

Melansir dari Huffpost, reaksi tubuh terhadap vaksin yang harus menunggu waktu tersebut membuat para dokter meminta masyarakat untuk tidak lengah bahkan setelah divaksinasi. Dengan kata lain, perlu waktu hingga vaksin bereaksi sehingga masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan dengan tertib.

Kebanyakan vaksin dirancang untuk mencegah Covid-19 menggunakan jenis teknologi vaksin yang disebut messenger RNA (mRNA). Setiap suntikan di lengan pada dasarnya mencakup instruksi yang mengajari tubuh dalam cara melawan dan menggoyahkan virus corona.

"Harapannya adalah ketika seseorang terpapar virus yang sebenarnya, mereka sudah memiliki antibodi yang telah terbentuk sebelumnya untuk menghindari infeksi atau setidaknya mengurangi keparahannya," kata Onyema Ogbuagu, seorang dokter penyakit menular di Yale Medicine.

Tubuh Anda membutuhkan waktu bisa bereaksi terhadap virus corona dan membangun sistem pertahanan yang dapat secara efektif melumpuhkan virus. Proses ini tidak terjadi dalam semalam, jadi Anda secara teknis tidak akan aman segera setelah divaksinasi.

Ilustrasi vaksin (pixabay.com)

Sebagian besar vaksin Covid-19 diberikan dalam dua dosis, biasanya diberikan terpisah tiga hingga empat minggu untuk meningkatkan kadar antibodi dan perlindungan Anda.

"Keseluruhan proses itu biasanya memakan waktu sekitar 28 hari dan selesai segera setelah Anda mendapatkan suntikan kedua," menurut Ogbuagu. Jadi Anda setidaknya membutuhkan waktu kurang lebih satu bulan agar vaksin bereaksi dengan baik.

Vaksin dari Moderna dan Pfizer adalah vaksin dua dosis, yang berarti Anda perlu suntikan penguat kedua beberapa minggu setelah suntikan pertama. Dengan vaksin satu dosis, seperti kandidat Johnson & Johnson, tubuh Anda masih membutuhkan waktu sekitar 29 hari untuk memecahkan kode dan membangun kekebalan yang cukup terhadap Covid-19.

"Saat Anda mendapatkan vaksin, biasanya ada jeda waktu antara saat Anda mendapat vaksin dan saat Anda terlindungi dari virus. Ini hanya waktu yang dibutuhkan sistem kekebalan Anda untuk merespons antigen baru dan mengembangkan ingatannya ketika bersinggungan dengan infeksi baru," kata Ogbuagu.

BACA SELANJUTNYA

Ilmuwan Bikin Perman Karet yang Bisa Memerangkap Virus Corona di Mulut