Minggu, 17 Januari 2021
Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana : Sabtu, 28 November 2020 | 19:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Beberapa vaksin Covid-19 yang sedang dikembangkan dan disebut efektif  masih membarikan efek samping ringan.  Namun tak perlu khawatir, sebab vaksin Covid-19 tidak akan disetujui untuk digunakan jika membawa komplikasi yang berpotensi mengancam jiwa. Efek samping sendiri adalah contoh tubuh bekerja terlalu keras untuk menghasilkan respon imun yang kuat.

Pada dasarnya, tidak ada jenis vaksin yang 100 persen tanpa efek samping termasuk untuk virus corona Covid-19.  Melansir dari Times of India, berikut beberapa efek samping ringan yang disebabkan vaksin Covid-19, antara lain:

1. Demam dan Menggigil

Salah satu peserta yang merupakan bagian dari uji coba Moderna mengalami efek samping kedinginan dan demam yang mencapai 38,8 derajat Celcius beberapa jam setelah dia diinokulasi dengan suntikan. Namun, ia memastikan bahwa gejala tersebut mereda beberapa jam setelahnya dengan sendirinya dan tidak memerlukan bantuan medis tambahan.

Perlu dicatat bahwa demam dan menggigil adalah dua efek samping yang paling sering dilaporkan oleh vaksin Moderna. Meskipun hilang dengan sendirinya, intensitas nyeri dapat berbeda dari orang ke orang.

Peningkatan penanda inflamasi, saat tubuh mulai memproduksi antibodi juga dapat menyebabkan demam ringan atau tinggi, disertai kemerahan dan pembengkakan.

2. Sakit Kepala

Gejala lain yang mungkin perlu diwaspadai adalah peradangan tubuh, sakit kepala, dan nyeri ringan. Statistik juga menunjukkan bahwa lebih dari 50 persen orang yang mendapatkan vaksinasi untuk melawan infeksi apapun akan mengalami sakit kepala berdenyut ringan dan sedang.

3. Mual dan Muntah

Suntikan vaksin juga dapat menyebabkan efek pada sistem gastrointestinal atau saluran pencernaan. Menurut seorang sukarelawan yang terpilih untuk menerima dosis tertinggi sebagai bagian dari uji coba Moderna pada bulan Mei menyatakan bahwa ia mengalami mual muntah selama berjam-jam setelah mendapat suntikan.

4. Nyeri 

Mengalami pegal dan nyeri otot di sekitar kulit tempat suntikan vaksin adalah efek umum. Kemerahan dan ruam juga bisa menjadi respons kekebalan yang dihasilkan tubuh. Ketiga kandidat vaksin potensial seperti Pfizer, Moderna serta Oxford-Astrazeneca telah mencatat nyeri otot dan nyeri tubuh sebagai efek samping reaktif dari vaksin mereka.

Ilustrasi Pfizer. [Don Emmert/AFP]

5. Migrain

Sakit kepala satu sisi atau migrain mungkin merupakan gejala paling jarang. Salah satu relawan vaksin Pfizer melaporkan merasakan nyeri migrain setelah vaksinasi. Dia menyarankan orang-orang bersiap untuk mengambil cuti sehari atau istirahat sebentar setelah mendapatkan suntikan vaksin.

BACA SELANJUTNYA

CDC: 1 dari 100 Ribu Orang Alami Reaksi Alergi Parah Usai Divaksin Pfizer