Selasa, 24 November 2020
Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana : Rabu, 18 November 2020 | 09:00 WIB

Himedik.com - Meskipun dikenal sehat, beberapa makanan nyatanya tak baik dikonsumsi saat perut kosong atau belum didasari dengan makanan pokok sebelumnya. 

Melansir dari Healthshots, berikut adalah beberapa makanan yang harus Anda hindari saat perut masih kosong, antara lain:

1. Jus buah

Saat perut kosong, jus buah bisa memberi beban ekstra pada pankreas. Gula dalam bentuk fruktosa pada buah-buahan dapat berdampak negatif pada hati.

Meskipun jus tampaknya bisa jadi pilihan yang sehat, namun Departemen Ilmu Gizi Universitas Toronto menyatakan bahwa serat sehat hilang saat proses pembuatan jus buah. Hilangnya serat dalam jus buah dapat menyebabkan peningkatan gula darah lebih banyak daripada saat kita memakan buah utuh.

2. Buah jeruk

Buah jeruk dapat meningkatkan produksi asam di usus dan meningkatkan risiko gastritis serta tukak lambung. Buah jeruk memiliki dosis serat dan fruktosa yang tinggi sehingga memperlambat sistem pencernaan jika dimakan saat perut kosong.

Ilustrasi jus buah. [Shutterstock]

3. Kopi

Kopi yang dikonsumsi saat perut kosong bisa menyebabkan keasaman karena merangsang sekresi asam klorida dalam sistem pencernaan. Hal ini bisa menyebabkan gastritis.

4. Yoghurt

Mengkonsumsi produk susu fermentasi seperti yoghurt pada saat perut kosong membuat bakteri asam laktat yang ada dalam yoghurt tidak efektif karena kadar asam lambung yang tinggi

5. Salad Sayur

Sayuran mentah pada salat mengandung banyak serat yang dapat menambah beban saat perut kosong dan menyebabkan kembung hingga sakit perut. Misalnya tomat mengandung asam tanat yang jika bersentuhan dengan cairan lambung di perut bisa menyebabkan iritasi lambung.

BACA SELANJUTNYA

Bantu Turunkan Kolesterol dan Jaga Jantung, Coba Konsumsi 2 Apel Sehari