Sabtu, 20 April 2024
Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana : Jum'at, 13 November 2020 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Makanan ternyata bisa memengaruhi masalah kesehatan mental khususnya gangguan kecemasan. Banyak ahli gizi yang menyatakan bahwa makanan dan minuman tertentu dapat berdampak buruk pada kadar gula darah yang bisa memicu pusaran emosi dan menyebabkan kecemasan.

Melansir dari Times of India,  berikut beberapa makanan yang perlu Anda hindari saat menghadapi gejala kecemasan, antara lain:

1. Kue dan Biskuit

Kecemasan memiliki hubungan dengan kadar gula darah. Sebab, makanan tinggi gula bisa memicu peningkatan kadar gula darah sehingga menimbulkan kecemasan. Alih-alih mengonsumsi makanan manis seperti kue atau biskuit cobalah ganti camilan Anda dengan buah-buahan segar yang memiliki kandungan gula alami.

2. Minuman Manis

Mirip dengan makanan manis, minuman manis juga dapat meningkatkan kadar gula darah sehingga menyebabkan kecemasan. Jus buah kemasan memiliki banyak gula tanpa cukup serat di dalamnya.

Pola makan yang rendah serat sering kali menyebabkan gangguan pencernaan dan menyebabkan peningkatan gula darah.

3. Minuman Berkafein

Menurut sebuah penelitian, kecemasan lebih rentan terjadi pada orang yang meminum minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, dan minuman berenergi.

Kafein mengaktifkan reseptor adenosin di sistem saraf perifer dan pusat yang memicu kecemasan tingkat tinggi pada manusia.

4. Makanan Olahan

Makanan olahan biasanya menyebabkan gangguan pencernaan dan peradangan pada perut di mana bisa menyebabkan kecemasan. Hal ini disebabkan karena kandungan seratnya yang rendah, makanan olahan seperti maknanan cepat saji dapat mengganggu sistem usus dan menghambat fungsi tubuh yang sehat.

5. Alkohol

Alkohol dapat berdampak buruk pada kadar gula darah dan juga  menyebabkan insomnia. Selain itu alkohol juga bisa mengakibatkan dehidrasi dan mabuk berat sehingga memicu rasa cemas hingga stres.

BACA SELANJUTNYA

5 Makanan Khas Lebaran yang Bikin Asam Urat Kambuh, Ingat Konsumsi Secukupnya