Minggu, 17 Januari 2021
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Minggu, 15 November 2020 | 17:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Setiap pasangan pasti mengalami durasi berhubungan seks yang berbeda-beda. Karena, ada yang menginginkannya cukup lama dan ada pula yang hanya mampu sebentar.

Tapi, beberapa orang mungkin masih mempertanyakan seberapa penting dan lamanya durasi hubungan seks yang seharusnya. Faktanya, lamanya durasi hubungan seks tergantung pada keinginan masing-masing.

Meski begitu dilansir dari Roman's Health Guide, penelitian ilmiah mengenai hal ini menyarankan durasi bercinta antara 3 hingga 13 menit.

Dalam sebuah studi tahun 2005 yang diterbitkan Journal of Sexual Medicine, para peneliti bertanya kepada sekelompok terapis seks mengenai lamanya durasi seks yang normal.

Terapis seks menjawab durasi bercinta selama 1 hingga 2 menit dianggap terlalu pendek. Sedangkan 10 hingga 30 menit justru terlalu lama.

Hubungan Seksual (Elements Envato)

Di sisi lain, durasi hubungan seks 3 sampai 7 menit dinilai cukup dan 7 sampai 13 menit adalah keinginan banyak pasangan.

Sedangkan, pendapat dari 2.380 orang yang secara teratur melakukan hubungan seks penetrasi menghasilkan 61 persen ingin penetrasi berlangsung 5 hingga 10 menit.

Lalu, hanya 26 persen yang menginginkan durasi bercinta ideal, yakni lebih dari 11 menit. Tapi, lamanya durasi bercinta ini tidak termasuk pemanasan, seperti seks oral.

Studi lain juga mencoba mencari tahu dengan melibatkan 500 pasangan yang biasanya menggunakan stopwatch selama berhubungan seks. Hasilnya, lama ejakulasi yang dilaporkan mereka berkisar 33 detik hingga 44 menit.

Tapi, rata-rata durasi hubungan seks vaginal mereka antara 3 sampai 7 menit atau tepatnya selama 5,4 menit. Waktu antara penetrasi dan ejakulasi disebut para ahli medis sebagai waktu latensi ejakulasi intravaginal.

Jadi, lamanya durasi hubungan seks tergantung pada cara masing-masing pasangan mendefinisikan tentang hal tersebut. Tapi, studi ini tidak memperhitungkan lamanya foreplay dan hanya fokus pada seks penetrasi heteroseksual.

Adapun beberapa faktor yang bisa memengaruhi durasi bercinta, antara lain:

1. Usia

Seiring bertambahnya usia pria, beberapa orang membutuhkan waktu lebih lama untuk ereksi dan bisa mempertahankan ereksi lebih lama. Sebaliknya, pria yang lebih muda mungkin mengalami ejakulasi lebih cepat dari yang diinginkan.

2. Disfungsi seksual

Disfungsi ereksi terjadi ketika seorang pria kesulitan mendapatkan atau mempertahankan ereksi yang bisa memengaruhi lamanya hubungan seks berlangsung.

Ejakulasi dini adalah disfungsi seksual yang mana pria berejakulasi lebih cepat dari yang diinginkannya atau pasangannya.

Kecemasan kinerja adalah perasaan negatif tentang seksualitas yang membuat Anda khawatir tidak akan memuaskan pasangan seksual. Kondisi ini bisa menyebabkan disfungsi ereksi dan ejakulasi dini atau menghindari seks.

BACA SELANJUTNYA

Tingkatkan Kepuasaan Hubungan Seks, Yuk Coba 3 Olahraga Ini!