Minggu, 17 Januari 2021
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Senin, 16 November 2020 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Cara menjaga kesehatan tidak hanya olahraga rutin dan menyadari setiap gejala penyakit dalam tubuh, tetapi juga membutuhkan konsumsi makanan sehat.

Khususnya bagi lansia, konsumsi makanan sehat sangat penting untuk kehidupan dan kesehatan tubuhnya seiring bertambahnya usia.

Konsumsi makanan sehat penting bagi semua orang dari segala usia. Tapi, konsumsi makanan sehat sangat penting bagi orang usia paruh baya dan seterusnya.

Selain menjaga kesehatan tubuh, konsumsi makanan sehat juga bisa menjadi kunci pandangan positif dan menjaga keseimbangan emosi.

Ilustrasi makanan sehat (pexels)

Tapi, makan sehat tidak harus tentang diet dan pengorbanan. Sebaliknya, konsumsi makanan sehat itu berkaitan dengan makanan segar, lezat, bahan-bahan sehat, dan konsumsi makanan bersama teman serta keluarga.

Berikut ini dilansir dari Help Guide, manfaat konsumsi makanan sehat seiring bertambahnya usia, khususnya bagi lansia.

1. Hidup lebih lama dan lebih kuat

Nutrisi yang baik bisa meningkatkan kekebalan tubuh, melawan racun penyebab penyakit, menjaga berat badan dan mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, pengeroposan tulang, dan kanker.

2. Membuat pikiran lebih fokus

Orang yang makan buah, sayuran berdaun hjijau, ikan dan kacang-kacangan yang mengandung asam lemak omega-3 mungkin bisa meningkatkan fokus dan menurunkan risiko penyakit alzheimer. Dalam hal ini teh hijau kaya antioksidan bisa meningkatkan daya ingat dan kewaspadaan seiring bertambahnya usia.

3. Membuat tubuh lebih baik

Makan sehat bisa memberi Anda lebih banyak energi dan membantu fisik terlihat lebih baik, sehingga meningkatkan suasana hati dan kepercayaan diri. Saat tubuh merasa lebih nyaman dan bugar, maka Anda akan merasa lebih bahagia.

BACA SELANJUTNYA

Selain Olahraga, 5 Makanan Sehat Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan