Jum'at, 19 April 2024
Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana : Rabu, 28 Oktober 2020 | 09:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Penyakit hati bisa berakibat fatal karena organ yang satu ini memiliki fungsi penting dalam tubuh. Fungsi utama hati adalah membuang limbah dalam tubuh, sehingga sangat penting untuk tubuh.

Hati juga bisa membantu mengatur lemak, karbohidrat dalam darah, menghilangkan racun dalam darah, hingga metabolisme. Oleh karena itu, membersihkan atau mendetoksifikasi hati menjadi hal yang penting.

Melansir dari Times of India, berikut beberapa cara untuk membersihkan organ hati dengan makanan sehat, antara lain:

1. Konsumsi Makanan Kaya Serat

Konsumsi makanan kaya serat bisa membantu dengan mengurangi tingkat gula di  hati. Dalam hal ini Anda bisa mendapatkan serat tinggi dari apel, bit, wortel, biji-bijian, hingga kacang-kacangan.

2. Teh Hijau

Minum teh hijau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terutama untuk menurunkan berat badan. Teh hijau juga membantu menghilangkan lemak dalam hati.

Teh hijau kaya akan antioksidan yang disebut katekin yang menghilangkan timbunan lemak di hati dan meningkatkan fungsinya.

3. Jeruk

Buah jeruk mengandung vitamin C yang bisa meningkatkan enzim detoksifikasi di hati.

4. Kacang Kenari

Kacang kenari mengandung asam lemak omega-3 dan asam amino. Kacang kenari memiliki arginin yang mampu membersihkan hati. Omega 3 di kacang kenari juga bisa membantu detoksifikasi yang membuatnya bagus untuk hati Anda.

makanan sehat (shutterstock)

5. Sayuran hijau

Sayuran hijau memiliki senyawa pembersih yang membantu membersihkan racun dari hati. Minum jus hijau atau makan salad hijau, membantu membuang racun dari tubuh.

Beberapa sayuran hijau yang umum termasuk kembang kol, kubis, brokoli, dan bayam.

BACA SELANJUTNYA

Awas, Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini Bisa Memabahayakan Kesehatan!