Jum'at, 30 Oktober 2020
Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana : Jum'at, 16 Oktober 2020 | 07:00 WIB

Himedik.com - Riasan wajah atau makeup memang akan membantu meningkatkan penampilan. Sayangnya  berbagai produk makeup juga mengandung berbagai bahan yang bisa berefek pada kesehatan.

Melansir dari Bustle, berikut adalah beberapa masalah kesehatan yang diakibatkan oleh penggunaan makeup.

1. Menyumbat Pori-Pori 

Menggunakan makeup terutama yang berbahan dasar minyak dan tahan lama cenderung akan menyumbat pori-pori. Menurut Karen Ballou, pendiri dan CEO merek perawatan kulit Immunocologie menunjukkan bahwa riasan yang bertahan lebih lama akan meresap lebih dalam, sehingga lebih sulit untuk dihilangkan.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori yang berujung pada masalah kulit lainnya seperti jerawat.

2. Infeksi

Berbagai alat rias seperti kuas, maskara, hingga lipstik nyatanya bisa meningkatkan risiko penularan flu atau infeksi virus lainnya. Penting juga untuk memperhatikan tanggal kedaluwarsa riasan agar tidak menumbuhkan bakteri atau jamur.

Jika Anda sedang sakit atau mengalami semacam infeksi seperti konjungtivitis, maka jangan memakai riasan.

3. Iritasi

Jika Anda memiliki kulit sensitif, ada banyak bahan yang bisa memperparah dan menyebabkan dermatitis kontak akibat penggunaan makeup. Untuk memasikan keamanan produk, cobalah uji sedikit makeup di bagian dalam pergelangan tangan untuk melihat reaksi kulit.

Ilustrasi perempuan menggunakan eyeliner. (Unsplash/Matt Seymour)

4. Alergi

Wewangian dan beberapa bahan pengawet yang ditemukan dalam alat makeup dapat memicu reaksi alergi seperti bersin berlebihan dan gatal-gatal.

Jika Anda tahu bahwa Anda sensitif terhadap aroma atau bahan tertentu, pastikan untuk memeriksa bahan-bahannya sebelum mengaplikasikan ke wajah.

5. Merusak Mata

Berhati-hatilah dengan apa yang Anda taruh di dekat mata terutama eyeliner dan glitter. Eyeliner dapat mempermudah partikel masuk ke mata dan menyebabkan cedera atau infeksi.

Selain itu, glitter di sekitar mata dapat menyebabkan goresan pada mata dan memicu keluarnya air mata.

BACA SELANJUTNYA

Jangan Abaikan Sakit Kepala, Bisa Jadi itu Tanda Tubuh Kurang Minum!