Kamis, 28 Maret 2024
Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah : Rabu, 09 September 2020 | 15:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Kurang tidur dapat membuat konsentrasi berkurang dan tubuh menjadi kelelahan. Kondisi ini tentu akan memengaruhi aktivitas sehari-hari.

Ada beberapa alasan seseorang tidak bisa tidur, tapi sebuah studi mengklaim bahwa tidak minum cukup air bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Menurut penelitian yang dilakukan akademisi di Penn State University, Pennsylvania, orang yang tidur selama enam jam semalam memiliki tampilan warna urine lebih pekat dan lebih dehidrasi dibandigkan mereka yang tidur 8 jam secara teratur.

Penelitian ini terbit dalam jurnal SLEEP, peneliti menganalisis lebih dari 20.000 orang dewasa di Amerika Serikat dan China tentang kebiasaan tidur dan sampel urine mereka.

Penulis menyimpulkan hubungan antara kualitas tidur dan hidrasi menurun ke hormon di dalam tubuh, yang disebut vasopressin.

Minum air putih di pagi hari. (Shutterstock)

Vasopressin adalah hormon antidiuretik yang bertugas membantu ginjal mengatur kadar air di dalam tubuh.

"Vasopresin dilepaskan lebih cepat dan lambat dalam siklus tidur. Jadi, jika bangun lebih awal, mungkin Anda akan melewatkan ketika hormon ini dilepaskan, menyebabkan gangguan hidrasi tubuh," jelas penulis utama Asher Rosinger, asisten profesor di Penn State.

Ia menambahkan, ketika seseorang hanya tidur enam jam semalam, status hidrasi tubuh akan terganggu.

"Studi ini menunjukkan jika Anda kurang tidur, dan Anda merasa lelah keesokan harinya, minumlah lebih banyak air," sambungnya, dilansir Independent.

Dehidrasi dapat menyebabkan sejumlah efek buruk pada tubuh, seperti pusing, mengantuk, dan urine berwarna gelap serta berbau menyengat.

Cara paling jelas untuk tetap terhidrasi adalah dengan minum cairan yang cukup setiap hari dan menghindari atau membatasi minuman seperti kafein, teh, dan alkohol, yang dapat membuat tubuh dehidrasi.

BACA SELANJUTNYA

Jaga Asupan Makanan Selama Diare, Jangan Sampai Dehidrasi dan Kekurangan Energi!