Rabu, 08 April 2020
Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah : Jum'at, 14 Februari 2020 | 09:00 WIB

Himedik.com - Sekarang tengah marak dekorasi bunga di semangkuk smoothie atau salad sayur atau pun kue. Meski begitu, tetap ada aturan tertentu agar bunga dapat dimakan.

"Istilah, 'dimakan' hanya ditujukkan pada bunga yang ditanam dengan cara yang aman untuk makanan, artinya tidak dirawat dengan pestisida atau pengawet yang tidak aman," kata Tood Seyfarth, RD, ahli gizi dan ketua Department of Nutrition and Dietetics di Johnson & Wales University.

"Ini juga berarti bahwa bunga itu secara alami tidak mengandung senyawa yang telah kita identifikasi berbahaya atau beracun," sambungnya.

Namun, tidak semua bunga yang bisa dimakan layak untuk dimakan.

"Seringkali, tanaman dengan warna-warna cerah dan gelap terasa pahit, jadi rasanya akan bervariasi dari orang ke orang," tambahnya.

Dilansir Women's Health Magazine, berikut beberapa bunga yang aman dikonsumsi dan ditambahkan dalam salad Anda.

1. Hibiscus (bunga sepatu)

Manfaat bunga sepatu untuk kesehatan. (Pexels/Artem Beliaikin)

2. Anyelir

Jika dimakan, anyelir memiliki rasa pedas. Jadi, tambahkan taburkan kelopak bunga ini pada salad atau dijadikan hiasan pada kue.

Bunga anyelir. (Shutterstock)

Beberapa penelitian menunjukkan minum air mawar kemungkinan baik untuk sakit tenggorokan, karena dapat membantu mengendurkan otot tenggorokan.

Bunga mawar di Pasar Bunga Rawa Belong, Jakarta Barat, Selasa (11/2). [Suara.com/Alfian Winanto]

4. Dandelion

Bunga dandelion. (Shutterstock)

5. Lavender

Lavender. (Shutterstock)

Anda bisa menambahkan sesendok lavender ke kue atau adonan roti untuk menambah rasa. Bisa juga membuat sirup menggunakan kelopaknya.

"Semakin berwarna tanaman dan semakin dalam rasa, semakin banyak kekuatan antioksidan yang dimiliki tanaman," tandas Seyfarth.