Kamis, 28 Maret 2024
Vika Widiastuti : Selasa, 14 Mei 2019 | 20:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Salad menjadi makanan andalan saat diet atau bisa juga sebagai menu sehat buka puasa. Kebiasaan makan salad pun bisa memberikan berbagai manfaat untuk tubuh. 

Sebuah studi melaporkan bahwa salad juga memiliki manfaat untuk kesehatan otak. Kandungan nutrisi pada salad diketahui membuat usia otak 11 tahun lebih muda. Kok bisa, ya?

Sebuah studi yang diterbitkan pada jurnal Neurology mengamati bahwa salad ternyata memiliki manfaat kesehatan otak.

Martha Clare Morris, Sc.D., seorang ahli epidemiologi gizi di Rush University Medical Center beserta rekannya mengamati 960 orang berusia 58-99 tahun.

Para peserta diminta untuk mengisi kuesioner tentang seberapa sering mereka makan sayur, seperti bayam, salad, atau kangkung.

Ilustrasi: salad bisa membuat otak lebih muda. (Shutterstock)

Morris dan rekannya ini terus mengamati kesehatan otak para peserta selama 10 tahun. Hasilnya menunjukkan bahwa orang-orang yang paling banyak makan salad memiliki kondisi dan fungsi otak yang sama dengan 10 tahun sebelumnya.

Para peneliti pun menyimpulkan bahwa salad kemungkinan besar memiliki potensi untuk kesehatan otak. Sayangnya, studi ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Namun, para peneliti percaya jika manfaat salad untuk otak didapat dari kandungan nutrisi yang ada pada buah dan sayur. Beberapa nutrisi di antaranya protein, zat besi, serat, vitamin, kalium, selenium, dan antioksidan.

Otak merupakan sistem saraf pusat yang sangat kompleks. Mulai dari berpikir, mengingat, hingga mengatur kinerja organ lain di dalam tubuh.

Bila ingin menjaga kesehatan otak, Anda bisa membiasakan diri untuk banyak makan sayur dan buah. Jika tak terlalu suka, membuatnya menjadi salad bisa menjadi pilihan.

Berdasarkan nutrisinya, ada beberapa deretan sayur dan buah yang sehat untuk otak dan cocok dibuat salad, antara lain dilansir Suara.com dari Hello Sehat:

1. Bayam

Tidak hanya dibuat sayur bening atau ditumis, bayam pun bisa dijadikan salad yang mendatangkan manfaat untuk kesehatan otak.

bayam. (Shutterstock)

Bayam diketahui kaya dengan vitamin K, folat, dan beta karoten. Semua nutrisi tersebut diakui ampuh memperlambat proses penuaan otak.

2. Alpukat

Selain dibuat es campur, alpukat juga bisa ditambahkan pada salad agar menambah nutrisinya.

Buah alpukat. (Shutterstock)

Buah ini mengandung lemak tak jenuh yang bisa meningkatkan aliran darah ke otak. Selain itu, kandungan antioksidan pada alpukat juga dapat mencegah kerusakan sel-sel pada tubuh.

3. Kacang kenari

Kacang kenari juga menjadi salah bahan yang lezat dijadikan salad, sekaligus memiliki manfaat untuk kesehatan otak.

Kenari. (Shutterstock)

Kacang kenari (walnut) kaya akan antioksidan, omega 3, dan vitamin E. Kandungan nutrisinya dapat mencegah terjadinya peradangan pada otak dan meningkatkan daya ingat.

Tak hanya itu, kacang ini juga bisa membuat fungsi otak menjadi lebih baik.

4. Buah bit

Buah bit adalah sejenis lobak berbentuk kecil dan berwarna ungu. Buah ini mengandung nitrat alami dan antioksidan yang baik untuk sirkulasi darah ke otak.

Jus buah bit ternyata bisa mengatasi impotensi.

Memasukkan buah bit ke dalam salad Anda memiliki manfaat untuk mendukung fungsi otak secara maksimal. Selain buahnya, bagian daunnya pun bisa Anda makan atau ditambahkan sebagai pelengkap salad.

Untuk menu berbuka puasa, salad sebagai menu pembuka sebelum makan besar juga bisa dikonsumsi agar pencernaan tidak terkejut dengan makanan berat yang masuk usai berpuasa seharian lamanya.  (Suara.com/Silfa Humairah Utami)

BACA SELANJUTNYA

7 Efek Begadang bagi Kesehatan, dari Obesitas hingga Menurunkan Konsentrasi