Jum'at, 19 April 2024
Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Rabu, 09 Januari 2019 | 12:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Tahun baru hidup baru. Banyak orang mengawali hari yang baru ini dengan beragam kegiatan menyehatkan termasuk diet.

Masalahnya tak semua diet sesuai dengan pribadi seseorang. Hal ini bisa karena riawayat penyakit atau faktor lain.

Nah, supaya diet kamu berhasil, yuk ikuti saran dari deorang ahli diet, Sally Kuzemchak, MS, dengan menanyakan beberapa pertanyaan berikut pada diri sendiri.

Apakah diet disertai dengan daftar makanan yang tidak diperbolehkan, padahal semuanya adalah favoritmu?

Jika iya, sebaiknya jauhi program diet seperti Whole30 dan Keto, yang mana menghilangkan daftar panjang makanan yang mungkin menjadi kebutuhan pokok mingguan atau bahkan harianmu (seperti gandum, susu, dan selai kacang).

Apakah kamu mencoba menentukan sensitivitas makanan?

Diet Whole30 dan "Detox" diklaim dapat meringankan berbagai gejala penyakit, tetapi mengisolasi makanan yang kurang sehat dalam porsi banyak sekaligus akan membuatmu kesulitan.

Bagaimana perasaanmu tentang mengecek makananmu?

Pendekatan seperti Weight Watchers dan penghitungan makro mengandalkan jurnal makanan harian. Jika melakukannya selama lebih dari satu hari terasa membosankan, rencana itu kemungkinan tidak cocok untuk kamu.

Apakah kamu pernah sukses melakukan program diet di masa lalu?

Jika iya, program diet apa yang saat itu berhasil kamu lakukan dan sesuai denganmu?

Alternatif dari rencana diet terstruktur adalah mengambil pendekatan yang lebih personal. Mengapa tidak menarik sedikit demi sedikit dari program yang berbeda dan menjadikannya program diet itu milikmu?

Apa pun yang kamu lakukan, seharusnya tidak tampak seperti hukuman. Jika saat melakukan diet kamu merasa kehilangan, terasing, dan mudah tersinggung, berrati itu tidak cocok untukmu.

BACA SELANJUTNYA

Kim Kardashian Idap Psoriasis Arthritis, Ini Gejala dan Penyebabnya!