Rabu, 24 April 2024
Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Senin, 31 Desember 2018 | 18:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Semua orang tentunya tahu bagaimana cara menurunkan berat badan. Mulai dari makan lebih sedikit dan lebih banyak berolahraga.

Namun, ada cara lain yang didukung sains untuk membuat perjalanan penurunan berat badan kamu menjadi sedikit lebih mudah. Berikut lima di antaranya.

1. Jangan terlalu lama nge-gym

Selama ini kamu pasti menghabiskan banyak waktu untuk nge-gym, padahal penelitian menunjukkan bahwa jika kamu berlari selama 30 detik, istirahat selama 4-6 menit, dan kemudian mengulanginya setidaknya sebanyak 4 kali, kamu akan kehilangan lebih banyak lemak daripada jika berlari atau berjalan dengan kecepatan tetap selama satu jam.

Alih-alih lari panjang yang melelahkan, cobalah latihan interval pendek. Kamu bisa melakukan apa saja dan di mana saja asal dapat memvariasikan kecepatan.

Tempat gym. (pixabay)

2. Periksa rak dapur

Apa pun yang ada di dalamnya, kamu mungkin akan memakannya. Jadi perbanyak menyimpan buah segar atau sayuran di sana dan singkirkan makanan manis yang bisa membuat berat badanmu bertambah.

Hal ini telah terbukti dalam sebuah penelitian dari Cornell University, bahwa wanita yang menyimpan semangkuk buah segar di dapurnya memiliki berat 13 pound lebih sedikit daripada yang tidak. Sebaliknya wanita yang menyimpan sereal dan softdrink di dapurnya memiliki bobot yang cenderung lebih berat.

3. Jangan takut lemak

Tidak semua lemak jahat. Lemak baik seperti yang ditemukan dalam kacang-kacangan, ikan, minyak zaitun, dan alpukat, memainkan peran penting dalam diet sehat.

Penelitian menunjukkan bahwa lemak tak jenuh ini dapat mengekang nafsu makan dan mengirim pesan ke otak untuk berhenti makan ketika kenyang.

Alpukat sumber lemak baik. (pixabay/silverstylus)

4. Batasi pilihan makanan

Penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak rasa atau pilihan dalam menu makanan dapat meningkatkan nafsu makan. Jadi, untuk melawan godaan hindari makanan yang terlalu menggoda lidah ya.

5. Berdamailah dengan karbohidrat

Sumber karbohidrat seperti nasi putih memang cenderung dihindari saat sedang diet. Sebenarnya kamu tak harus menghindarinya sekaligus.

Akan lebih baik jika kamu beralih ke biji-bijian utuh atau sumber karbohidrat lain yang memliki indeks glikemik rendah. Pasalnya penelitian menunjukkan bahwa biji-bijian utuh dapat membantu menjaga rasa lapar dan dapat membantu mencegah kenaikan berat badan pada pria maupun wanita.

Gimana, siap sambut tahun baru dengan menurunkan berat badan?

BACA SELANJUTNYA

Ingin Mulai Jalani Intermittent Fasting? Hindari 5 Kesalahan Berikut