Jum'at, 29 Maret 2024
Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Minggu, 30 Desember 2018 | 21:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Selama ini sayur dan buah dikenal sebagai makanan sehat dengan segudang nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Mulai dari mineral, vitamin, hingga antioksidan, semua tersaji lengkap di sana.

Namun, ternyata sehat belum tentu baik. Beberapa makanan sehat berikut dapat menyebabkan gas dan mengakibatkan perut bermasalah.

1. Semangka

Buah musim panas ini mengandung banyak fruktosa yaitu gula alami yang ada dalam buah. Sayangnya, tubuh dapat mengalami kesulitan untuk mencernanya, sehingga muncul gas di perut.

Meski jarang, kasus ini bisa saja terjadi karena bawaan gen. Secara medis disebut dengan intoleransi fruktosa herediter.

2. Jamur shitake

Jamur shitake mengandung mannitol yaitu gula alami lainnya. Senyawa tersebut dapat menimbulkan gas dan jika makan terlalu banyak, ia akan beralih fungsi seperti obat pencahar ringan.

Jamur shitake. (pixabay/cmtsouthshoreroad)

3. Apel

Buah ini memiliki sorbitol, gula yang secara alami terdapat dalam banyak buah. Beberapa tubuh orang tidak bisa menyerapnya dengan baik, sehingga menimbulkan gas, perut kembung, hingga diare.

4. Blackberry

Seperti halnya apel, blackberry juga mengandung sorbitol. Jadi, jika perutmu cenderung bermasalah setelah makan apel, blackberry, atau buah lain yang mengandung sorbitol, ada kemungkinan kamu memang bermasalah dengan senyawa tersebut.

5. Artichoke

Sayuran ini memiliki gula yang disebut fructan yang dapat memicu gas. Segera hindari, jika kamu merasa tidak enak setelah mengonsumsinya.

Itulah lima makanan sehat yang dapat menyebabkan timbulnya gas di perut. Sebaiknya hindari makanan di atas jika kamu mengalami masalah perut setelah mengonsumsinya.

BACA SELANJUTNYA

6 Makanan yang Baik untuk Otak, Berikut Rekomendasinya