Selasa, 30 April 2024
Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere : Senin, 26 November 2018 | 14:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Mengurangi lemak dalam tubuh tidak hanya melalui olahraga. Sejumlah makanan pun bisa memberikan efek dalam mengatasi masalah ini.

Ahli gizi Jess Cording, RD mengatakan diet tidak berarti kamu harus kelaparan dan olahraga intens tanpa pengisian bahan bakar yang tepat adalah salah. Sangat penting untuk memberi kalori pada tubuh dan nutrisi yang cukup untuk memaksimalkan metabolisme.

Deretan makanan ini akan membantu kamu merasa tetap kenyang dan bersemangat dalam menjalani program penurunan berat badan.

1. Kacang atau selai kacang

Kacang tanah. (pixabay/Lebensmittelfotos)

''Kacang memiliki lemak, serat dan protein yang sehat yang bisa membuat kamu bersemangat,'' kata Cording. Seperempat cangkir kacang utuh atau dua sendok makan selai kacang merupakan porsi ideal untuk bisa membakar lemak.

2. Telur

Sajian telur setengah matang. (pixabay)

Telur adalah sumber protein terbaik yang bisa membantu kamu merasa kenyang serta bisa mempertahankan massa otot saat pembakaran lemak.

Satu telur bisa menghasilkan 70 kalori, memiliki kolin yang mendukung kesehatan otak dan DHA yang bersifat anti-inflamasi.

3. Susu

Susu sumber vitamin D. (pixabay)

Susu memberikan kalsium dan protein tinggi yang bagus untuk tulang. Cording merekomendasikan agar memilih susu murni sehingga kamu akan lebih banyak mendapatkan kalori.

4. Yogurt

Yogurt Yunani/Amazon.com

Probiotik yang terkandung dalam yogurt bisa membuat usus sehat. Menjaga kesehatan pencernaan akan membantu menyehatkan usus. Mirip dengan susu, kamu bisa memilih yogurt yang rendah lemak, misalnya greek yogurt.

5. Berries

Stroberi. (Unsplash)

Makanan manis ini kaya serat sehingga membantu kamu merasa kenyang. Selain itu buah ini juga mengandung antioksidan, anti-peradangan yang membantu sistem kekebalan tubuh.

6. Minyak zaitun

Minyak zaitun. (shutterstock)

Menurut sebuah peelitian, minyak ini sangat serbaguna karena mengandung lemak tak jenuh tunggal. Namun Cording menyarankan agar jangan menggunakan minyak ini untuk menggoreng.

7. Alpukat

Alpukat. (shutterstock)

Kandungan potasium, lemak tak jenuh tunggal serta serat sangat bisa membuat kamu tetap kenyang. Alpukat kaya kalori sehingga porsi terbaik untuk buah ini adalah sepertiganya.

Deretan makanan di atas bisa membantumu membakar lemak selain berolahraga. Rajin berolahraga plus konsumsi makanan di atas dijamin lemak dalam tubuh akan semakin berkurang.

BACA SELANJUTNYA

Ilmuwan Temukan Virus Corona Covid-19 Bisa Menyerang Jaringan Lemak