Jum'at, 17 Mei 2024
Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Kamis, 22 November 2018 | 18:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Banyak orang ketika akan makan, memilih untuk memanaskan kembali makanan. Alasannya sederhana, makanan lebih nikmat jika disantap selagi hangat.

Duh, sebaiknya hati-hati ya soalnya memanaskan makanan kembali bisa bikin bahaya. Salah satu yang sering dipanaskan adalah ayam.

Ayam yang sudah dingin dan dipanaskan lagi akan menyebabkan masalah pencernaan. Namun, jika kamu benar-benar ingin memanaskan lagi, pastikan bagian dalam ayam hingga tulangnya juga panas.

Nah, selain ayam berikut tiga makanan yang tak boleh dipanaskan lagi.

1. Seledri

Dalam 100 gr batang dan daun seledri mengandung sebanyak 16 gr kalori tak larut dan jika dikonsumsi dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sayangnya, manfaat tersebut tak akan didapatkan karena nitrat di dalamnya akan berubah menjadi nitrit yang bersifat karsinogenik apabila dipanaskan lagi.

Seledri. (pixabay/stevepb)

2. Daging olahan

Menurut riset yang dilakukan Food Control ditemukan fakta bahwa memanaskan daging olahan dengan microwave akan menimbulkan efek oksidasi kolesterol yang berkaitan dengan penyakit jantung. Ini karena daging olahan mengandung zat pengawet dan bahan kimia.

3. Makanan bersantan

Begitu pula dengan makanan bersantan. Jika dipanaskan lagi, lemak baik di dalamnya akan berubah menjadi lemak jahat yang dapat memicu penumpukan kolesterol.

Nah, ibu-ibu ingat ya, jangan panaskan makanan di atas supaya tubuh tidak terkena dampak yang mengerikan.

BACA SELANJUTNYA

Biar Tubuh Tidak Lesu dan Mudah Capek, Konsumsi 5 Makanan Ini