Senin, 25 Mei 2020
Rauhanda Riyantama : Kamis, 25 Oktober 2018 | 20:30 WIB

Himedik.com - Dewasa ini, profesi menjadi seorang Youtuber memang tengah menanjak. Apalagi ditambah dengan iming-iming pundi-pundi rupiah yang bisa didapatkan dari profesi yang satu ini, pasti banyak orang yang akan kepincut.  

Sayangnya, tidak sedikit pula para Youtuber yang mengidap gangguan mental. Pasalnya, seorang Youtuber yang sudah dikatakan 'pro' dituntut untuk terus merilis konten baru. Belum lagi ketika disibukkan dengan berbagai agenda lain yang sangat melelahkan.

Akibat berbagai kesibukan tersebut, seolah-olah mereka tidak memiliki hari libur. Tanggal merah atau hari Minggu pun dimanfaatkan untuk membuat konten atau jumpa fans.

Dilansir dari The Guardian, Katherine Lo, peneliti dari University of California, mengungkap kalau yang dilakukan Youtuber ini dapat memicu stres hingga gangguan pasca stres traumatis (PTSD).

''Pekerjaan seperti Youtuber kadang tidak terlihat tapi sangat melelahkan dan menjadi penyebab utama stres kerja,'' kata Katherine Lo.

''Dalam banyak kasus, ini dapat berkontribusi pada PTSD, terutama ketika Youtuber menjadi subjek pelecehan, terancam keamanan dan privasinya, atau komunitas di sekeliling yang tidak baik,'' lanjutnya.

Di lain pihak, Chris O'Sullivan dari yayasan Mental Health Foundation mengamini pernyataan Katherine Lo. Ia mengatakan meroketnya popularitas seseorang karena video viral bisa memicu gangguan mental.

''Saat ini, kamu bisa menjadi superstar secara online dengan video viral di usia berapa pun dan di mana pun. Tanpa dukungan dan bimbingan, potensi untuk kelelahan karena eksposure semakin luar biasa,'' kata Chris O'Sullivan.

Sebelum jadi Youtuber, ada baiknya ketahui gangguan metal yang sering dialami Youtuber menurut Katherine Lo.

  • Kelelahan karena harus bersikap akrab dengan fans,
  • Stres baca komentar
  • Kecemasan finansial karena sponsor dan donasi,
  • Tekanan untuk menjaga reputasi dan hubungan profesional dengan fans.

Itulah risiko gangguan mental yang mengancam seorang Youtuber. Meski mampu meraih popularitas, risikonya pun juga tak main-main. Yakin masih mau jadi Yotuber?

Artikel terkait dimuat Hitekno.com dengan judul: Harus Baca, Ini Gangguan Mental yang Sering Menyerang YouTuber