Rabu, 01 Mei 2024
Angga Roni Priambodo | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Rabu, 10 Oktober 2018 | 20:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Serat merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Serat sendiri dibagi menjadi dua yaitu larut dan tidak larut. Serat larut merupakan serat makanan yang larut dalam air yang dapat memperlambat pencernaan, menunda pengosongan perut, dan membuat kenyang lebih lama sehingga membantu mengendalikan berat badan.

Selain itu serat larut juga dapat membantu mengendalikan diabetes dan menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga membantu mencegah penyakit jantung. Nah, apa saja sih sumber serat larut air?

1. Wortel
Sekitar 128 gr wortel mengandung serat total sebanyak 4,6 gr dan 2,4 gr dari berat total merupakan serat larut air. Selain itu wortel juga mengandung kalium, beta karoten, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Wortel. (pixabay)

2. Ubi
Kamu yang mau BB turun mungkin bisa konsumsi ubi sebagai pengganti nasi. Pasalnya ubi merupakan salah satu sumber karbohidrat dan kandungan serat larut air di dalamnya mencapai setengah dari kandungan total seratnya.

Selain itu ubi juga mengandung beragam nutrisi seperti vitamin A, vitamin B kompleks, dan kalium.

3. Brokoli
Selain baik untuk mengendalikan berat badan, serat larut aur dalam brokoli juga berfungsi sebagai prebiotik yaitu nutrisi untuk bakteri baik yang ada dalam usus besar. Bakteri tersebut menghasilkan asam lemak butirat yang dapat mengurangi risiko terjadinya kanker dan peradangan usus besar.

Brokoli. (pixabay)

4. Apel
Dalam satu buah apel mengandung sebanyak 1 gr serat larut. Tak hanya itu, apel juga kaya antioksidan flavonoid yang dapat melancarkan sistem pencernaan, menurunkan risiko hipertensi, diabetes, dan kanker.

Itulah 4 makanan yang tinggi serat larut air. Mudah didapat dan murah meriah bukan?

BACA SELANJUTNYA

Perut Anda Terasa Kembung? Mungkin Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Ini