Minggu, 31 Mei 2020
Angga Roni Priambodo | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Kamis, 20 September 2018 | 10:15 WIB

Himedik.com - Arteri merupakan pembuluh darah yang tugasnya membawa darah dari jantung dan mengedarkannya ke seluruh bagian tubuh. Jika arteri bermasalah, maka kinerja tubuh juga akan bermasalah. Pasalnya penyebaran darah yang kaya oksigen menjadi terhambat.

Salah satu gangguan yang bisa menyerang arteri adalah aterosklerosis. Merupakan kondisi penumpukan lemak di dinding arteri dan mengakibatkan pembentukan plak. Lama kelamaan hal tersebut bisa menyebabkan arteri tersumbat.

Supaya arteri tetap sehat dan terlindungi dari penyakit, ada baiknya kamu konsumsi lima makanan berikut.

1. Brokoli
Brokoli kaya akan serat yang bermanfaat untuk kesehatan jantung secara keseluruhan. Pasalnya sayuran ini telah terbukti secara spesifik dapat membantu mencegah arteri yang tersumbat dan melindungi tubuh dari penyakit vaskular.

2. Biji-bijian utuh
Serat yang terdapat dalam biji-bijian membantu mengontrol kadar kolesterol darah dan melindungi jantung dari penyakit.

Studi terbaru juga menemukan bahwa diet dengan menu biji-bijian ada kaitannya dengan menipisnya dinding arteri karotis. Arteri ini bertanggung jawab untuk mengirimkan darah ke otak. Penebalan arteri karotis menyebabkan penumpukan aterosklerosis serta meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Gandum/pexels

3. Alpukat
Perlu kamu tahu, bahwa alpukat nyatanya mampu meningkatkan kolesterol baik sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat. Alpukat juga kaya potasium yang telah terbukti mampu membantu mencegah penyakit kardiovaskular dan pengerasan pembuluh darah pada arteri.

Alpukat. (shutterstock)

5. Jeruk
Antioksidan dan vitamin C yang terkandung dalam jeruk baik untuk kesehatan arteri. Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin C memiliki peran kuat dalam mengurangi risiko penyakit jantung. Serta flavonoid yang terkandung di dalamnya membantu melindungi dinding arteri.

Jika belum terbiasa, menerapkan pola makan sehat nampaknya memang susah dilakukan. Namun, kamu harus mencoba untuk terbiasa karena sehat itu mahal harganya.