Rabu, 24 April 2024
Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere : Senin, 23 Juli 2018 | 19:04 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Makanan yang kamu makan setiap hari dapat memengaruhi otak untuk saat ini dan bahkan untuk 50 tahun ke depan. Semua yang masuk ke tubuhmu akan berdampak positif atau negatif tergantung dari dirimu sendiri.

Makanan punya peran penting dalam kebugaran mental seperti memori, fokus, konsentrasi serta ketajaman pikiran. Menurut Maggie Moon, M.S., RD, penulis The MIND Diet, makanan yang baik dapat membantumu bekerja lebih baik di sekolah atau di kantor.

Moon menjelaskan makanan pagi yang rendah karbohidrat dapat membuat memori lebih baik dan bisa fokus hingga 2 jam ke depan. Menurutnya, sarapan 'pintar' nya adalah roti alpukat dengan telur diatasnya.

Lalu makanan apa yang bisa membuat seseorang lebih konsentrasi dan fokus? Dari livestrong, HiMedik sudah mendapat lima makanan yang bisa bikin kamu lebih konsentrasi dan fokus.

1. Blueberry

Mengandung antioksidan sehingga dapat membantu kamu lebih muda secara kognitif. Blueberry menjadi buah nomor 1 dalam deretan buah paling sehat.

Ini karena buah ini mengandung polifenol, termasuk pigmen flavonoid yang disebut anthocyanin. Studi yang melibatkan 16 ribu wanita yang mengonsumsi bluebeery setidaknya sekali seminggu, dapat membuat kemampuan kognitif lebih muda 3 hingga 4 tahun.

Blueberry/unsplash

2. Alpukat

Alpukat/pexels

Cynthia Sass, RD, CSSD, ahli nutrisi kinerja New York dan Los Angeles mengatakan lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan dalam alpukat membantu mengoptimalkan sirkulasi yang berkontribusi pada aliran darah yang lebih baik ke otak.

"Kalium dalam buah ini juga membantu mengatur tekanan darah yang bersifat protektif, karena hipertensi merupakan faktor risiko untuk penurunan kognitif," tambah Sass. Cobalah untuk makan sepertiga alpukat sehari ya.

3. Telur

Telur/pexels

Kuning telur adalah bagian paling bermanfaat untuk otak. Sebuah penelitian baru menemukan makan telur meningkatkan kefasihan lisan dan fungsi lobus frontal yang merupakan area otak yang membantu dalam pemecahan masalah, spontanitas, memori, bahasa, inisiasi, penilaian, kontrol impuls dan perilaku sosial serta seksual.

Senyawa nutrisi utama dalam telur adalah kolin. Kolin sangat penting untuk fungsi otak yang optimal yang berhubungan dengan memori. Ingat, kamu disarankan makan telur setiap hari ya (jika tidak alergi).

4. Almond

Almond/unsplash

Almond kaya akan vitamin E dan dapat membantu memperlambat penurunan kognitif. Buah ini juga meningkatkan memori dan kewaspadaan mental.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menemukan bahwa jumlah tinggi vitamin E (2000 IU / d alfa tokoferol) memperlambat penurunan fungsional orang dengan penyakit Alzheimer.

Satu ons kacang almond (sekitar 23) mengandung 35 persen vitamin E yang kamu butuhkan setiap hari. Pertimbangkan untuk menikmati setidaknya selusin kacang almond setiap hari ya.

5. Extra virgin olive oil

Virgin Olive Oil/unsplash

Minyak yang biasa disebut zaitun ini adalah makanan yang juga baik untuk perkembangan otak. Minyak ini mengandung 230 antioksidan dan polifenol.

Dalam sebuah studi, seseorang yang mengonsumsi makanan yang dilengkapi dengan minyak zaitun memiliki memori verbal yang lebih baik. Sering-sering menggunakan minyak zaitun dalam masakanmu ya.

Nah, jangan lupa untuk selalu konsumsi 5 makanan di atas ya agar kamu lebih fokus dan konsentrasi.

 

BACA SELANJUTNYA

Faktor Risiko Demensia, dari Tekanan Darah Hingga Terbatasnya Interaksi Sosial