Jum'at, 29 Maret 2024
Rauhanda Riyantama : Senin, 23 Juli 2018 | 15:22 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Sering kali pria mengalami kebotakan yang disebabkan rambut rontok. Bahkan, beberapa di antaranya botak di usia muda. Banyak hal yang menyebabkannya, antara lain stres, kekurangan nutrisi, serta terlalu sering mengonsumsi minuman beralkohol dan merokok.

Kebotakan pada pria di usia muda bisa menandakan ada masalah pada kesehatan rambut dan kulit kepala, sehingga berkurangnya rasa percaya diri. Untuk mengatasi masalah tersebut, bisa menggunakan obat penyubur rambut, menghindari stres, dan mengonsumsi makanan bergizi.

Khusus makanan bergizi, Himedik berhasil merangkum beberapa makanan yang ampuh atasi kebotakan dini. Dilansir dari medicaldaily, berikut ulasannya.

1. Konsumsi makanan tinggi antioksidan

Ilustrasi makanan tinggi antioksidan. (shutterstock)

Buah dan sayuran mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Beberapa kondisi dari terpaparnya radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dini dan kematian sel-sel kulit, termasuk kulit kepala.

Buah-buahan seperti pisang, alpukat, jus jeruk, jus lemon, dan madu tidak hanya dapat dikonsumsi langsung tapi juga bisa dijadikan masker untuk rambut. Kandungan antioksidan yang tinggi juga membuat pertumbuhan rambut lebih cepat.

Dalam sehari, bisa mengonsumsi lima porsi buah dan sayur untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral serta antikosidan dalam tubuh. Tak hanya bisa dinikmati dalam bentuk potongan, buah dan sayuran juga bisa diolah jadi salad, smoothies hingga jus untuk mencegah kebosanan.

2. Kurangi konsumsi daging merah

Ilustrasi daging merah. (shutterstock)

Salah satu penyebab utama kerontokan rambut adalah sebum atau minyak yang menghalangi folikel rambut dan pori-pori. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan hubungan positif antara asupan lemak hewani dengan peningkatan produksi sebum.

Agar pori-pori di kulit kepala tidak terlalu berminyak tentu harus mengurangi asupan daging merah untuk menurunkan tingkat sebum dan memungkinkan pertumbuhan rambut tanpa hambatan. Mengonsumsi daging merah secara berlebihan juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung karena daging mengandung lemak jenuh.

Agar aman, sebaiknya dianjurkan mencampurkannya sumber protein dari makanan lain. Bisa dari ikan dan juga kacang-kacangan yang juga membantu mengurani risiko penyakit jantung.

3. Konsumsi produk yang mengandung susu

Ilustrasi produk mengandung susu. (shutterstock)

Biotin atau vitamin B7 dikenal sebagai vitamin yang dapat membantu pertumbuhan rambut lebih optimal sehingga dapat membantu cegah kebotakan pada pria. Biotin dapat ditemukan di beberapa makanan seperti susu, yogurt, keju dan produk susu lainnya.

Nutrisi pertumbuhan rambut juga bisa didapatkan dari protein, vitamin B12, zat besi, zinc, dan asam lemak omega 3. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dari susu bisa mengonsumsinya sekitar 200 ml setiap hari.

4. Telur

Ilustrasi telur. (shutterstock)

Tidak hanya mengandung protein yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Telur yang tinggi akan protein juga dapat menjaga rambut tetap tebal dan kuat.

Telur dapat diolah dengan cara direbus atau pun digoreng. Sebutir telur  mengandung 154 Kkal, 12,4 gr protein, 10,8 gr lemak, 86 mg kalsium, dan 3 mg zat besi. Konsumsi 2-3 butir telur dalam sehari dianjurkan untuk menunjang kesehatan tubuh.

Selain bisa dimakan langsung, Anda juga dapat menerapkan telur sebagai masker rambut. Caranya adalah dengan mengocok beberapa butir telur dan membuatnya menjadi pasta kemudian menggosoknya ke kepala dan rambut. Biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas. Dengan rutin menggunakan masker ini rambut akan lebih sehat dan bervolume.

Demikian ulasan makanan yang cocok digunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok dan kebotakan. Semoga menginspirasi!

BACA SELANJUTNYA

Waspada, Long Covid-19 Terlalu Lama Bisa Picu Kerontokan Rambut