Sabtu, 20 April 2024
Rima Sekarani Imamun Nissa | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Selasa, 22 Januari 2019 | 10:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Belakangan ini media sosial sedang viral tagar 10YearsChallenge. Tak hanya masyarakat Indonesia, para WNA termasuk para seleb juga turut meramaikan tagar tersebut.

Bahkan 10YearsChallenge versi kondisi Tanah Air hingga makanan juga turut dibuat oleh akun-akun berkaitan. Tak mau kalah, kali ini HiMedik coba merangkum bagaimana polah bayi dulu dan sekarang.

1. Dibedong vs. tidak

Kalau ibu-ibu zaman dulu pasti dan selalu membedong bayinya hingga usia tertentu. Ini sebenarnya bermanfaat lho, Moms.

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), membedong bayi bermanfaat untuk membuat bayi tidur lebih nyenyak dan nyaman, serta dapat menenangkan bayi. Dengan catatan jika membedong bayi dilakukan dengan benar.

Dibedong vs. tidak. (pixabay)

2. Minum susu saja vs. minum susu ditambah MPASI

Kalau dulu, para ibu menghindari memberikan si kecil makanan tambahan sebelum berusia 6 bulan atau bahkan satu tahun. Bahkan, para ibu memberikan si kecil ASI eksklusif bukan susu formula.

Namun sekarang berbeda. Beberapa ibu malas memberikan ASI dan memilih susu formula. Bahkan ada ibu yang memberikan MPASI terlalu awal, padahal itu membahayakan si kecil.

Ingat ya, Moms, MPASI atau makanan pendamping ASI umumnya sudah boleh diberikan ketika bayi berusia 6 bulan ke atas.

ASI ekslusif vs, MPASI. (pixabay)

3. Disuapin vs. makan sendiri

Dulu, supaya makanan cepat habis sang ibu pasti akan menyuapi si kecil. Namun, sekarang para ibu sudah mengajarkan si kecil makan sendiri sedari dini.

Lagi-lagi ini bermanfaat kok, Moms. Menurut Gillian Leng selaku kepala eksekutif National Institute for Health and Care Excellence (NICE), waktu makan yang santai dan menyenangkan dapat mendorong anak-anak makan lebih banyak.

Bahkan, Gillian juga menyarankan para orang tua agar memberi kesempatan anaknya makan sendiri.

Gimana, bener kan, Moms? Itulah 3 potret bayi dulu dan sekarang yang mungkin bisa Moms ikuti kalau itu baik untuk tumbuh kembang si kecil.

BACA SELANJUTNYA

4 Buah yang Baik untuk MPASI Bayi, Pastinya Aman dan Bergizi